Jangan Heran Lihat Mobil Listrik Mungil Ini di Bali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 01 Apr 2021 08:49 WIB
Mobil LIstrik di Bali
Foto: Dok. Toytoa
Jakarta -

Di Bali, akan ada puluhan mobil listrik dan plug-in hybrid yang beredar. Anda jangan heran, itu merupakan kendaraan elektrifikasi Toyota dalam project EV Smart Mobility.

Dengan proyek ini, Toyota menawarkan mobilitas yang ramah lingkungan menggunakan kendaraan elektrifikasi Toyota. Ini sejalan dengan perayaan ulang tahun ke-50 Toyota di Indonesia. Proyek EV Smart Mobility ini diluncurkan di The Nusa Dua, Bali.

"EV Smart Mobility merupakan sebuah project besar bagi kami yang menjadi bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia. Sebagai perusahaan mobilitas, kami harap EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat menjadi contoh konkrit dari solusi mobilitas Toyota untuk mendukung pemanfaatan teknologi elektrifikasi bagi masyarakat luas, tapi juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All. Ke depannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Toyota mengklaim, telah mempopulerkan kendaraan elektrifikasi sejak 2009 melalui Prius Hybrid Electric Vehicle. Saat ini TAM memiliki 10 lineup kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari 1 Battery Electric Vehicle (BEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV). Secara total sejak awal diperkenalkan hingga Februari 2021 lalu, TAM telah membukukan penjualan kendaraan elektrifikasi lebih dari 4.000 unit.

Mobil LIstrik di BaliMobil LIstrik di Bali Foto: Dok. Toytoa

Kini, Toyota menghadirkan ecotourism yang terintegrasi dengan mobil elektrifikasi Toyota berteknologi BEV (mobil listrik murni) dan PHEV. Ini merupakan cara mempopulerkan teknologi elektrifikasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi.

Project EV Smart Mobility ini didukung oleh 13 partnership yaitu PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT KDDI Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Sugity Creatives, PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia. Selain itu, Toyota juga bekerja sama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang akan menangani aktivitas operasional project EV Smart Mobility.

Project EV Smart Mobility menyediakan 3 lineup kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Mobil LIstrik di BaliToyota Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer Foto: Dok. Toytoa

Full Battery EV yaitu Toyota COMS dan C+pod, dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya, agar project ini dapat mendukung ecotourism di area tersebut. Sementara Toyota Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali.

Mobil LIstrik di Balistation solar panel mobil lIstrik di Bali Foto: Dok. Toytoa

Dalam project EV Smart Mobility juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

"Dengan menginisiasi ecotourism yang terintegrasi dengan produk-produk Toyota di dalam project EV Smart Mobility ini, kami harap lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraan BEV dan PHEV Toyota. Lebih lanjut kami juga akan mengumpulkan umpan balik yang berharga dari pengguna, agar kami dapat lebih memahami keuntungan dan tantangan dari setiap jenis kendaraan elektrifikasi, serta kebutuhan masyarakat, yang akan membantu kami untuk meraih komitmen kami terhadap elektrifikasi massal di Indonesia", kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)