Astra & Prinsipal Promosikan Kendaraan Listrik Lewat EV Smart Mobility

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 18:37 WIB
Astra Internationa
Foto: Astra International-Direktur PT Astra International Tbk dan Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto berfoto di antara mobil listrik berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Jakarta -

PT Astra International Tbk bekerja sama dengan PT Toyota-Astra Motor dan 12 perusahaan lainnya meluncurkan proyek EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali. EV Smart Mobility merupakan ekosistem yang terintegrasi bagi masyarakat untuk bisa merasakan pengalaman menggunakan mobil listrik.

President Director PT Astra International Tbk., Djony Bunarto Tjondro berharap langkah inisiatif ini dapat turut mempopulerkan teknologi elektrifikasi di Indonesia guna mendorong terwujudnya lingkungan yang lebih baik.

"Melalui inisiatif yang baik ini, Astra dan prinsipal dapat turut mempopulerkan teknologi elektrifikasi di Indonesia. Kami harap project EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik," kata Djony dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda. Susumu mengatakan proyek EV Smart Mobility dapat menjadi solusi dalam mendukung pemanfaatan teknologi elektrifikasi bagi masyarakat luas.

"Sebagai perusahaan mobilitas, kami harap EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat menjadi contoh konkrit dari solusi mobilitas Toyota untuk mendukung pemanfaatan teknologi elektrifikasi bagi masyarakat luas, tapi juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All," ujar Susumu.

"Ke depannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka," lanjutnya.

Astra InternationaDirektur Astra International dan Wapresdir TAM berfoto dengan mobil listrik BEV Toyota COMS (foto: dok. Astra International).

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menjelaskan dalam proyek ini telah disiapkan 3 model kendaraan elektrifikasi dengan jumlah total 30 unit. Adapun kendaraan ini meliputi 20 unit Toyota Coms berbasis BEV, 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Mobil listrik murni berbasis baterai Toyota Coms dan C+pod dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya. Hal ini sebagai wujud dukungan bagi ecotourism di area tersebut. Sementara Prius PHEV digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali.

Unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dibekali dengan fitur Digital Key untuk mempermudah pengguna dalam melakukan akses secara digital, mulai dari booking, payment, hingga akses seperti membuka dan mengunci pintu mobil dan juga menyalakan mobil hanya dengan menggunakan smartphone. Sehingga pengguna dapat menggunakan kendaraan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan banyak orang.

Tidak hanya itu, proyek EV Smart Mobility juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

"Denganmenginisiasiecotourism yang terintegrasi dengan produk-produk Toyota di dalam project EV Smart Mobility ini, kami harap lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraanBEV danPHEV Toyota. Lebih lanjut kami juga akan mengumpulkan umpan balik yang berharga dari pengguna, agar kami dapat lebih memahami keuntungan dan tantangan dari setiap jenis kendaraan elektrifikasi, serta kebutuhan masyarakat, yang akan membantu kami untuk meraih komitmen kami terhadap elektrifikasi massal di Indonesia," kata Henry.

Astra InternationaMobil listrik berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota COMS (Foto: dok. Astra International).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo juga menyatakan dukungannya terhadap proyek kerja sama pemanfaatan kendaraan listrik ini karena sejalan dengan komitmen ITDC untuk mewujudkan Eco Sustainable Tourism di kawasan pariwisata.

"Selain dapat menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih yang merupakan program Pemerintah Provinsi Bali serta sebagai wujud dukunganITDC atas Peraturan Presiden No.55/2019, pemanfaatan kendaraan listrik dalam kawasan kami ini juga akan mendukung implementasi protokolCHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) untuk mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata berkualitas yang lebih bersih, aman, dan nyaman sehingga dapat menjadi tambahan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,"paparnya.

Astra InternationaMobil listrik berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota COMS. (Foto: dok. Astra International).

Di sisi lain, Gubernur Bali, Wayan Koster memberikan apresiasi tinggi kepada Toyota atas inisiatifnya dalam meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di destinasi wisata di Nusa Dua. Hal ini sejalan dengan Peraturan Gubernur Bali no. 48 Tahun 2019, serta Visi Pembangunan Daerah Bali, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru.

"Hadirnya kendaraan ini sangat mendukung upaya kita bersama untuk menjaga alam Bali yang bersih serta untuk meningkatkan kualitas pariwisatanya. Saya harap Kerama Bali, khususnya para generasi muda akan mengikuti langkah ini sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan alam dan bumi Bali yang bersih," pungkasnya.

Sebagai informasi, seluruh 30 unit pada project EV Smart Mobility akan disterilisasi sebelum dan sesudah digunakan. Sehingga pengguna dapat menikmati sebuah pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi Toyota yang menyenangkan, mudah, aman dan nyaman.

Bagi yang ingin menggunakan layanan pada project EV Smart Mobility bisa langsung datang ke station di depan central parkir The Nusa Dua (di depan Bali Collection) atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua. EV Smart Mobility juga dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

(ega/ega)