Toyota GR Yaris Dijual Rp 850 Juta, TRD Sportivo Rp 284 Juta, Apa Bedanya?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 11:54 WIB
Toyota GR Yaris Black
GR Yaris Foto: Toyota

Perbedaan juga terlihat dari sektor kaki-kaki. GR Yaris hadir dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake. Serta penggunaan ban 225/40 untuk ukuran pelek 18 inci. Sementara Yaris TRD menggunakan berukuran 16 inci, dibalut dengan ukuran ban 195/50.

Keempat, mesin yang digunakan GR Yaris besutan Gazoo Racing nggak main-main nih. Dibekali mesin berkode G16E-GTS, kapasitas 1,6 liter (1.618 cc) yang dilengkapi turbo.

Di atas kertas GR Yaris mampu memuntahkan tenaga maksimum 272 PS dan torsi puncak 370 Nm. Cukup beringas untuk mobil yang berbobot hanya 1.280 kilogram (kg). Oiya transmisi yang tersedia hanya manual 6-percepatan, plus sudah menggunakan sistem penggerak 4 roda guna memaksimalkan performa.

GR YarisGR Yaris Foto: Piston Heads

Kemudian, Yaris TRD Sportivo masih mempertahankan mesin 2NR-FE In-line 4 Cyl dengan 16 Valve DOHC berteknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.496cc dengan power maksimum 107 ps di 6.000 rpm dan torsi maksimum 14,3 kgm di 4.200 rpm.

Yaris TRD punya dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan. Sedangkan sistem penggeraknya roda depan.

Kelima, masuk ke dalam kabin, kedua mobil ini sama-sama mampu menampung hingga 5-penumpang. Namun GR Yaris lebih kental dengan aura balapnya, jok yang digunakan sudah menggunakan model sport dengan setir kemudi khas balap, ditambah nuansa hitam di seluruh interiornya.

Toyota YarisToyota Yaris Foto: Toyota Astra Motor

Keenam fitur, untuk berkendara sehari-hari, fitur-fitur keamanan Yaris TRD terbilang lengkap. Mobil ini punya opsi 3 atau 7 SRS airbags yang disematkan di kursi pengendara maupun penumpang. Pada new Yaris juga tersemat teknologi Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Control (VSC), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Sedangkan GR Yaris lebih lengkap karena sudah dipasang sistem Toyota Safety Sense, beberapa di antaranya seperti Pre-Collision System, Lane Trace Assist/Lane Departure Alert, Intelligent Adaptive Cruise Control, dan Road Sign Assist and Automatic High Beam.

Terakhir adalah soal harga. Toyota Yaris TRD saat ini dibanderol lebih murah lantaran mendapat relaksasi PPnBM nol persen, tipe tertinggi Yaris TRD Sportivo dijual Rp 284 juta. Sedangkan GR Yaris belum memiliki harga resmi, tapi TAM memperkirakan harganya berada direntang Rp 750 juta hingga 850 juta, lebih kompetitif dari negara lain yang bahkan melepasnya di atas Rp 1 miliar.

GR Yaris diproduksi di jalur Gazoo Racing khusus di fasilitas produksi Toyota di Motomachi, Jepang. Sedangkan Yaris TRD diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Indonesia.


(riar/rgr)