Lamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atas Es, Hampir 300 Km/jam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 24 Mar 2021 18:41 WIB
Lamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atass ES
Lamborghini Urus. Foto: Dok. Lamborghini
Siberia -

SUV Lamborghini Urus membuktikan diri bisa ngebut hingga kecepatan tinggi. Lamborghini Urus baru saja memecahkan rekor kecepatan di atas es.

Lamborghini Urus mencetak rekor kecepatan tertinggi di atas Danau Baikal yang beku di Siberia, Rusia. Lokasi itu merupakan danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia. Saat menaklukkan rekor kecepatan, danau dalam keadaan beku.

Rekor kecepatan ini diselenggarakan oleh perusahaan balap LAV yang diadakan antara 10-13 Maret 2021 dalam acara Days of Speed. Hasilnya, Lamborghini Urus bisa menembus kecepatan 298 km/jam. Angka itu hanya kurang 4 km/jam dari kecepatan maksimal yang dicapai selama sesi latihan.

Dengan pemegang rekor 18 kali 'Days of Speed' Andrey Leontyev di belakang kemudi, Urus juga mencetak rekor jarak 1.000 meter dari awal berdiri dengan kecepatan rata-rata 114 km/jam.

Lamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atass ESLamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atas ES Foto: Dok. Lamborghini

Lamborghini menyatakan bahwa data resmi, yang dicatat oleh FIA dan RAF (Federasi Mobil Rusia), akan dirilis pada bulan April. Meski data resmi belum dirilis, Lamborghini merasa bangga SUV andalannya mampu memecahkan rekor kecepatan.

Lamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atass ESLamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atas ES Foto: Dok. Lamborghini

"Tantangan ekstrim ini sekali lagi membuktikan bahwa Urus Super SUV memberikan performa yang diharapkan dari sebuah Lamborghini dalam hal akselerasi dan kecepatan tertinggi serta handling, untuk membuka jalan apa pun: baik itu jalan raya, rute off-road atau bahkan es," kata Kepala Lamborghini Eropa Timur dan CIS, Konstantin Sychev. "Kami sangat senang melihat hasil resmi Urus dipublikasikan."

Saat di atas aspal, bukan di atas es, Lamborghini Urus mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Sementara akselerasi hingga 200 km/jam cuma 12,8 detik. Kecepatan tertinggi di atas aspal diklaim mencapai 305 km/jam.

Performa yang mengesankan itu dicetak oleh mesin V8 twin-turbo 4.0 liter. Mesin itu bertenaga 641 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 850 Nm pada 2.250 rpm.



Simak Video "Heboh! Lamborghini Geber Knalpot di Kompleks Warga di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)