Kecelakaan Fatal, Tesla Diinvestigasi Badan Keselamatan AS

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 16 Mar 2021 21:17 WIB
Tesla Model X
Tesla diinvestigasi akibat tiga kecelakaan dengan pola yang sama (Tesla.com)
Jakarta -

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional atau NHTSA tengah melakukan penyelidikan terkait kecelakaan yang melibatkan mobil listrik Tesla dengan truk trailer. Pihak penyidik menduga jika salah fitur Tesla mengalami kegagalan sehingga menyebabkan kecelakaan tersebut.

Dikutip dari Reuters, pihakNHTSA telah meluncurkan tim investigasi khusus untuk membantu menyelidiki kecelakaan. Kecelakaan itu terjadi pada Kamis (11/03/2021) pukul 03:20 waktu setempat. Kejadian ini melibatkan sebuah mobil Tesla berwarna putih dengan truk trailer

"NHTSA mengetahui kecelakaan yang terjadi pada 11 Maret 2021 di Detroit yang melibatkan Tesla dan truk trailer. Pihak kami telah meluncurkan tim Investigasi Kecelakaan Khusus (SCI) untuk menyelidiki kecelakaan itu," tulis pernyataan NHTSA dikutip Reuters.

Pihak NHTSA telah mengirim 14 anggota SCI untuk melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap kecelakaan tersebut.

Saat kejadian, mobil Tesla sedang melaju pada sebuah persimpangan. Namun nahas mobil tersebut menabrak truk trailer yang sedang melintas, hingga Tesla tersebut mengalami ringsek parah dan bagian depan mobil masuk ke dalam kolong truk.

Kejadian tersebut menyebabkan pengemudi dan penumpang mobil Tesla mengalami luka parah dan dirawat di rumah sakit, bahkan penumpang Tesla masih dalam kondisi kritis.

Pihak Tesla sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kecelakaan tersebut. Namun penyidik dari NHTSA menduga jika fitur Autopilot Tesla menjadi salah satu penyebabnya.

Fitur Autopilot dari Tesla setidaknya telah terlibat kecelakaan sebanyak tiga kali di AS dengan skenario nyaris serupa. Pada Mei 2016, sebuah mobil Tesla Model S menabrak truk trailer. Fitur Autopilot mengalami kegagalan sehingga mobil terus melaju hingga masuk ke dalam kolong trailer, pengemudi tewas dalam kecelakaan itu.

Kejadian yang sama terulang kembali di tahun 2019, saat sebuah Tesla menabrak truk trailer hingga melewati kolong truk. Pengemudi dinyatakan tewas di tempat dalam kecelakaan horor tersebut, sementara kegagalan fitur Autopilot kembali jadi penyebabnya.

Kejadian ini membuat Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) mengkritik tajam kepada Tesla akibat kurangnya pengujian terhadap sistem Autopilot miliknya. Pihak NTSB memberi masukan pada Tesla agar mengikuti persyaratan dan regulasi keselamatan yang lebih ketat.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)