Mazda Luncurkan CX-5 dan CX-9 Anyar, Apa Saja Pembaruannya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 13:38 WIB
Mazda CX-5 dan Mazda CX-9
Mazda CX-5 dan Mazda CX-9 terbaru. Foto: Dok. Mazda.
Jakarta -

Mazda meluncurkan dua SUV terbaru andalannya di Indonesia. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Indonesia memberikan penyegaran terhadap Mazda CX-5 dan Mazda CX-9.

"Di awal 2021 ini kami akan memperkenalkan 2 kendaraan SUV andalan Mazda. Dengan beberapa poin pembaruan agar tetap menjadi pilihan terbaik bagi pencinta Mazda di Indonesia," kata Managing Director PT EMI, Ricky Thio dalam peluncuran Mazda CX-5 dan CX-9 terbaru secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Apa saja pembaruan pada kedua mobil itu? Menurut Product Planner PT Eurokars Motor Indonesia Kenny Wala, ada beberapa pembaruan di bagian eksterior dan interior Mazda CX-5 dan CX-9 terbaru.

Pertama dari Mazda CX-5. Dari sisi eksterior, Mazda CX-5 2021 ini menggunakan desain yang lebih segar pada bagian velg berukuran 19 inch. "Velg ukuran 19 inchi mencerminkan tampilan premium dan tegas," kata Kenny dalam kesempatan yang sama.

Mazda CX-5 terbaru ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut "7-G Models Key-fob". Model anak kunci terbaru ini lebih slim dan nyaman digenggam, sekaligus tampil lebih premium.

Mazda CX-5 dan Mazda CX-9Mazda CX-5. Foto: Dok. Mazda

Sementara di bagian interior ada beberapa fitur terbaru pada Mazda CX-5. Antara lain penggunaan paddle shift untuk meningkatkan kesenangan berkendara. Selain itu, masih ada penggunaan smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto, fitur unggulan Active Driving Display (head-up display) yang menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya, Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), serta layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci.

Selain mode tersebut, seluruh Mazda CX-5 2021 juga mendapatkan layar sistem infotainment yang lebih besar, dari sebelumnya 7 inci menjadi 8 inci. Layar infotainment ini menjadi pusat pengaturan MZD Connect termasuk sistem audio premium BOSE dengan 10 buah speaker, lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2® dan ambient noise compensation AudioPilot 2 yang sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.

"Interiornya terdapat upgrade di bagian atap, upgrade material untuk mengurangi noise sehingga perjalanan lebih nyaman," kata Kenny. Menurutnya, kabin Mazda CX-5 ini lebih senyap 10% dibanding pendahulunya.

Tampilan lebih segar di dalam kabin disuguhkan oleh penggunaan aksen metal woods di beberapa bagian interior.

Mazda CX-5 yang dijual di Indonesia terbaru ini menggendong mesin bensin SKYACTIV-G 4-silinder 2,5 Liter bertenaga maksimum 194 PS dan torsi puncak 258 Nm. Mesin Mazda CX-5 memiliki tenaga yang lebih besar 4PS dan torsi naik 6 Nm daripada mesin sebelumnya.

Mesin yang digunakan mendapatkan mode cylinder deactivation. Teknologi ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan. Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tidak ketinggalan fitur i-Stop yang akan menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti, sesuai beban kerja mesin yang akan semakin menambah efisiensi bahan-bakar.

"Untuk cylinder de-activation efisiensinya 5-15% saat aktif dan tergantung dari karakter berkendara dari pengemudinya. Efisiensi lebih baik saat kecepatan yang lebih rendah," jelas Kenny.

Mazda CX-5 terbaru dijual dengan harga Rp 555.800.000 on the road DKI Jakarta untuk varian GT.

[Lanjut Halaman Berikut: Mazda CX-9]

Simak juga 'Ambisi Morris Garage Ambil User CR-V dan Mazda CX-5':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2