Rabu, 11 Nov 2020 15:08 WIB

Perjalanan 100 Tahun Mazda, Dulu Cuma Produsen Tutup Botol Anggur

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Logo Mazda Mazda. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mazda tahun ini menginjak usia 100 tahun. Kilas balik seabad yang lalu, Mazda bukan diawali dari produksi kendaraan, melainkan produksi gabus untuk tutup botol.

Representative Director, President and CEO Mazda Motor Corporation, Akira Marumoto, mengatakan, Mazda berasal dari perusahaan yang memproduksi gabus pada 1920. Kini, Mazda berubah haluan untuk memproduksi mobil.

"Sekarang, mobil kami telah memiliki banyak pelanggan dengan lebih di 130 negara dan wilayah," kata Akira dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (11/11/2020).

Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Fedy Dwi Parileksono, menceritakan, Mazda berawal dari sesuatu yang sederhana. Gabus yang dibuat Mazda pada 1920 dijadikan tutup botol wine atau minuman anggur.

"Perusahaannya disebut dengan nama Toyo Cork Kogyo Co. Ltd. Jujiro Matsuda pendiri Toyo Cork Kogyo dilantik sebagai presiden. Dalam perjalananya Jujiro itulah yang melahirkan mobil-mobil Mazda. Sampai saat ini dia dinobarkan sebagai bapaknya Mazda," kata Fedy di sela-sela konferensi pers peluncuran Mazda 3 100th Anniversary Edition, Rabu (11/11/2020).

Mazda 3 100th Anniversary EditionMazda 3 100th Anniversary Edition Foto: Dok. Mazda

Setelah 11 tahun, Mazda baru memproduksi kendaraan bermotor. Kendaraan pertama buatan Mazda bukan mobil, tapi kendaraan roda tiga bernama Mazda Go. Mazda Go memiliki bentuk yang sama seperti motor roda tiga dengan bak di belakangnya.

Saat itu, Mazda dibantu Mitsubishi untuk memasarkan kendaraan tersebut. Mitsubishi pada saat itu bertugas menjadi distributor Mazda Go, sementara manufakturingnya ditangani Mazda.

"Kita ketahui 1945 ada peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki. Mazda Go turut membantu memulihkan kembali kota Hiroshima," sebut Fedy.

Baru kemudian pada 1960, Mazda mulai memprodukssi kendaraan roda empat pertamanya, yakni R360 Coupe. Sejak saat itu, mobil-mobil keren Mazda terus dilahirkan. Hingga pada 1967, Mazda memperkenalkan model 110S atau dikendal dengan nama Mazda Cosmo Sport di Jepang yang menggunakan mesin rotary.

"Mazda identik dengan mesin rotary. Semua itu dilakukan 1967. Mazda memperkenalkan 110S Mazda Cosmo Sport. 10A enginee kode 0810. Pada saat itu bisa mencapai 110 hp pada 7.000 rpm torsinya lumayan besar. Salah satu kelebihan, ukurannya kecil tapi powerfull," kata Fedy.

Mobil legendaris Mazda pun terus lahir. Pada 1987, Mazda mulai menjual RX-7 yang menggunakan mesin rotary. "Mobil legendaris yang disukai para speed-freak," ucap Fedy.

Setelah itu, pada 1989, lahir mobil Mazda MX-5. Mazda MX-5 tersebut sampai saat ini dicintai para pencinta roadster.

Kini, teknologi mobil Mazda terus berevolusi. Saat ini, sejak 2012, mobil-mobil Mazda mengandalkan teknologi SKYACTIV.

"Tahun ini, sudah 100 tahun Mazda berkiprah di otomotif," ujar Fedy.



Simak Video "Melihat Isi Diler Mazda Termewah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com