Senin, 03 Feb 2020 07:07 WIB

Percaya Nggak Percaya, Mazda Dulunya Bikin Gabus

Rizki Pratama - detikOto
Mazda produksi motor roda tiga Motor roda tiga yang pernah dibuat Mazda. Foto: rideapart.com
Jakarta -

Tahun ini Mazda genap berumur 100 tahun. Sebelum menjadi perusahaan mobil seperti saat ini, ternyata Mazda dulunya memulai industri otomotif dengan membuat gabus dan sepeda motor roda tiga.

Mazda sendiri sebenarnya memulai bisnis sebagai pembuat gabus untuk tutup botol wine dengan nama perusahaan Tokyo Cork Kogyo di Hiroshima pada tahun 1920. Tujuh tahun berselang Toyo Cork Kogyo berubah menjadi Toyo Kogyo dan mulai bergerak di industri peralatan mesin.

Di bawah nama Toyo Kogyo, Mazda dulunya membuat motor dua tak bermesin satu silinder 250 cc pada tahun 1930 untuk pertama kalinya. Japanese Nostalgic Car mengatakan motor mungil ini bahkan mengalahkan motor buatan Inggris, Ariels Motor dalam sebuah balapan.

Tentunya itu bukan sebuah pencapaian biasa mengingat itu adalah motor pertama buatan Mazda. Sayangnya, Mazda dengan nama Toyo Kogyo ini tak begitu lama berbisnis di industri sepeda motor. Tercatat hanya 31 unit motor itu yang pernah dibuat.

Dari motor itu Toyo Kogyo beralih ke kendaraan roda tiga. Bisa dikatakan setengah motor setengah mobil. Uniknya motor pertama itu dinamai Mazda-Go Three Wheeler sekaligus untuk pertama kalinya nama Mazda terdaftar dalam perusahaan kendaraan. Ini adalah sebuah motor dengan buntut berupa bak yang dapat mengangkut barang di belakangnya.

Pada tahun pertama produksinya di tahun 1931, Mazda-Go Three Wheeler berhasil menjual sebanyak 66 unit. Tahun berikutnya Mazda-Go semakin populer di Jepang dan mulai diekspor ke China. Dulunya di Jepang, Mazda dijual jaringan penjualan Mitsubishi hingga tahun 1936 sampai Mazda memiliki jaringan penjualannya sendiri.

Selanjutnya, setelah mendirikan jaringan penjualan di tahun 1936 Mazda melakukan sebuah kampanye uji ketangguhan produknya. Sebanyak 5 Mazda-Go dikemudikan dari Kagoshima menuju Tokyo selama 25 hari dengan jarak kurang lebih 2.700 km.

Pada saat itu Mazda sukses dengan motor roda tiganya berkat kultur industri otomotif di Jepang sendiri. Pertama biaya produksi lebih murah dari mobil atau truk. Alasan lainnya kendaraan ini sukses karena pajak roda tiga lebih murah daripada roda empat.



Simak Video "Melihat Isi Diler Mazda Termewah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com