Ribuan Avanza Kena Recall Fuel Pump di Malaysia, Bagaimana di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 11:10 WIB
Toyota Avanza 2019 dan Veloz 2019 akhirnya meluncur. PT Toyota-Astra Motor memberikan penyegaran terhadap mobil yang dijuluki sejuta umat tersebut.
Toyota Avanza masuk kampanye perbaikan fuel pump di Malaysia Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota Avanza masuk ke dalam program kampanye recall (penarikan kembali) di Malaysia. Komponen fuel pump atau pompa bensin terindikasi bermasalah. Bagaimana nasibnya di Indonesia, apakah aman dari recall?

Di Malaysia sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar, demikian seperti dikutip dari Paultan.org, Minggu (7/3/2021).

Avanza dan Xenia diketahui merupakan model yang diproduksi di PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil sejuta umat ini diekspor ke berbagai negara, salah satunya ialah Malaysia. Mengingat dalam satu pabrik yang sama, apakah Avanza yang dipasarkan di Indonesia aman dari kampanye recall?

Saat dikonfirmasi Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra akan menjelaskannya dalam waktu dekat.

"Nanti di Daihatsu virtual press conference akan kita jelaskan ya, tanggal 18 atau 19 Maret," tutur wanita yang akrab disapa Amel kepada detikcom, Minggu (7/3/2021).

Toyota Avanza yang masuk dalam daftar kampanye recall bisa mengalami kendala seperti pompa bahan bakar berhenti bekerja, peringatan pada panel instrumen berupa engine check akan menyala. Kerusakan itu memungkinkan performa mesin akan terpengaruh, mobil akan sulit dihidupkan dan mesin bisa mati mendadak.

Recall kali ini disebut merupakan kelanjutan dari penarikan kembali fuel pump yang digelar TMC secara global sejak tahun lalu. Tercatat lebih 5,84 juta kendaraan di seluruh dunia mengalami masalah yang sama.

Toyota Astra Motor (TAM) juga sempat melakukan recall fuel pump pada Agustus 2020, mobil-mobil Toyota yang terkena dampak recall fuel pump di Indonesia antara lain Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, serta Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017-2019.

Jika kendaraannya masuk ke dalam program recall tersebut, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan untuk dilakukan pengecekan dan penggantian fuel pump jika diperlukan.

Menurut informasi dari kolom FAQ, ada potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar yang bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi, hal ini dapat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Saat hal ini terjadi ada kemungkinan lampu engine akan menyala, putaran mesin menjadi kasar, mesin tidak dapat menyala dan/atau kendaraan mogok saat dikemudikan.

Pemilik mobil bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.



Simak Video "Belum Resmi Meluncur, Avanza Baru Terciduk Sudah Wara-wiri di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)