Ribuan Toyota Avanza Kena Recall, Ini Sebabnya

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 07:55 WIB
Avanza di Malaysia
Avanza di Malaysia Foto: Paultan
Jakarta -

Ribuan unit mobil sejuta umat harus ditarik kembali. UMW Toyota Motor (UMWT) selaku agen pemegang merek Toyota di Malaysia menyebut Avanza mengalami masalah pada bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.

Sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar, demikian seperti dikutip dari Paultan.org, Minggu (7/3/2021). Selain model yang disebutkan di atas tidak termasuk pada program recall kali ini.

Toyota Avanza yang masuk dalam daftar kampanye recall bisa mengalami kendala seperti pompa bahan bakar berhenti bekerja, peringatan pada panel instrumen berupa engine check akan menyala. Kerusakan itu memungkinkan performa mesin akan terpengaruh, mobil akan sulit dihidupkan dan mesin bisa mati mendadak.

Special Service Campaign (SSC) ini merupakan perluasan dari kampanye sebelumnya. Recall kali ini disebut merupakan kelanjutan dari penarikan kembali fuel pump yang digelar Toyota Motor Corporation (TMC) secara global sejak tahun lalu. Tercatat lebih 5,84 juta kendaraan di seluruh dunia mengalami masalah yang sama.

UMW Toyota Motor akan memberi tahu semua pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk menjadwalkan penggantian suku cadang dan tanpa dikenakan biaya.

Bagaimana dengan Toyota Avanza di Indonesia, yang diproduksi oleh pabrik PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM), amankah dari recall ? saat dikonfirmasi Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra akan menjelaskannya dalam waktu dekat.

"Nanti di Daihatsu virtual press conference akan kita jelaskan ya, tanggal 18 atau 19 Maret," tutur wanita yang akrab disapa Amel, Minggu (7/3/2021).



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)