Viral Yaris King of King's Berhias Emas hingga Berlian, Asli?

Dian Firmansyah - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 07:27 WIB
Subang -

Sebuah mobil Toyota Yaris dengan tulisan King of King's milik Haji Sugandi Natanegara mendadak viral lantaran dihiasi emas, batu akik hingga berlian. Menurut Encep Hasan Basri, orang kepercayaan dari pemilik mobil itu asli.

"Untuk keasliannya tadi sudah di tes, ini yang menempel ini semuanya asli. Sebagian ada yang bersertifikat sebagian ada hasil pemberian," ujar Encep yang ditemani haji Sughandi saat berbincang bersama detikcom, Sabtu (6/3/2021).

Tidak tanggung-tanggung, emas perhiasan yang tertempel pada mobil itu diklaim senilai Rp 40 Milyar, ia pasang mulai dari luar hingga di dalam interior mobil. Menurut Encep Hasan Basri orang kepercayaan dari pemilik mobil itu mengatakan, hiasan mobil ini sudah ditempel sejak pertama beli baru.

"Ada sekitar 4 tahun lalu beli mobil itu (baru), hanya beberapa minggu, pangersa Haji sughadi sudah menempelkan emas dan berlian ini," ujar Encep.

Pemilik mobil itu diketahui bernama Sugandhi Natanegara, Warga Kampung Karokrok, Desa Jatiragas, Kecamatan Patokbeusi, Subang. Ia merupakan pemilik dari Panti Putra Galunggung yang berkegiatan rehabilitasi kejiwaan dan pecandu narkoba.

Viral mobil diselipkan emas dan berlianViral mobil dihiasi emas dan berlian Foto: Dian Firmansyah/detikOto

Tujuannya mobil berplat T-999-WA itu dibalut dengan barang-barang karena hobi selayaknya pangeran dan raja di Arab Saudi yang mempunyai mobil berlapis emas. Ia juga mengatakan tidak takut ada yang mengambil atau hilang.

"Warga Patokbeusi sudah mengetahui kalo ini sudah biasa, ini hanya hobi bukan sombong. Kalo mau ngambil ya silahkan kalo bisa," ucapnya.

Selain bagian luar, bagian dalam mobil itu pun dipenuhi dengan emas batangan. Di bagian dashboard emas batangan berjejer, bahkan di bagian karpet yang di injak pun di tempel emas batangan. Ribuan koin menumpuk dibagian jok.

Viral mobil diselipkan emas dan berlianViral mobil dihiasi emas dan berlian Foto: Dian Firmansyah/detikOto

"Emas ada yang 24 karat 23 karat, kalo diperkirakan semuanya mencapai lebih dari 40 Milyar," katanya.

Selain mobil itu, beberapa mobil miliknya juga didesain dengan hal serupa, emas batangan dan berlian menempel di mobilnya.

"Kami berharap agar masyarakat Indonesia khususnya kabupaten Subang tidak berpikir yang macam-macam, ini tidak maksud untuk sombong tapi murni hobi," pinta Encep.

(riar/riar)