Di Papua Mobil Pick Up Punya Panggilan Khusus Yakni 'Belakos'

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 06 Mar 2021 10:33 WIB
Belakos atau mobil Pick Up di Papua
Mobil Belakos Foto: dok. Hari Suroto
Jakarta -

Pasti banyak yang tidak tahu ternyata mobil pick up alias bak memiliki panggilan khusus di Papua yakni 'belakos' atau jika diartikan mobil belakang kosong. Wah kok bisa ya?

peneliti Balai Arkeologi Papua dan Dosen Arkeologi Universitas Cendrawasih, Hari Suroto menjelaskan kepada detikOto Terdapat beberapa jenis Belakos di Papua. Hal ini tergantung fungsi dan area jelajahnya.

"Belakos adalah mobi serba guna, dikenal juga sebagai mobil niaga. Mobil jenis ini biasa dimiliki oleh para pelaku usaha, baik itu usaha toko bahan bangunan maupun usaha lainnya," kata Hari.

"Masing-masing Belakos memiliki spesifikasi mesin dan fitur yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Biasanya yang menjadi pertimbangan dalam memilih Belakos dengan merk tertentu yaitu relatif murah dan spesifikasi mesin berkualitas, serta mampu mengangkut barang bawaan dalam jumlah yang cukup banyak," Hari menambahkan.

Hari kembali menceritakan kondisi jalan yang mulus di Kota Jayapura, Merauke, Nabire, Sorong, Manokwari membuat Belakos menjadi pilihan. Dari Belakos yang digunakan kebanyakan yang dipilih berbahan bakar bensin, mobil ini digunakan untuk mengangkut sayur, kelapa ke pasar, bahkan ada yang digunakan untuk jualan sayur keliling.

Belakos atau mobil Pick Up di PapuaBelakos atau mobil Pick Up di Papua Foto: dok. Hari Suroto

Selanjutnya untuk jenis Belakos yang digunakan untuk usaha ini yaitu Mitsubishi T120SS, Suzuki Carry Pick Up, Daihatsu Gran Max Pick Up dan Isuzu Pick up.

"Para pelaku usaha bahan bangunan di Papua biasanya menggunakan Mitsubishi L 300, mobil ini bermesin diesel dan dianggap bandel dan mampu mengangkut semen dalam jumlah banyak atau bahan bangunan lainnya," katanya.

"Sedangkan untuk jarak jauh antar kabupaten, dengan kondisi jalan yang sebagian belum diaspal maka Belakos yang digunakan adalah yang ber-cc besar. Jenis belakos ini dipilih karena mampu melaju dengan cepat dan tahan banting di jalan tidak beraspal. Selain itu, karena barang yang dibawa harus segera sampai di tempat tujuan dalam keadaan masih segar, misalnya untuk mengangkut udang dan ikan dari Sarmi ke Jayapura. Jenis Belakos ini juga dipilih untuk mengangkut sembako ke pedalaman. Jenis belakos yang dipilih Toyota Hilux Single cabin, Mitsubishi Triton single cabin dan Ford Ranger single cabin," Hari menambahkan.



Simak Video "Update Kondisi Ilaga Usai KKB Bakar Heli di Bandara"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)