Selain Maung Sipil, Pindad Siapkan Varian Double Cabin

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 05 Mar 2021 16:53 WIB
Pindad Maung
Maung varian double cabin Foto: Instagram @PT_Pindad
Jakarta -

Selain Maung versi sipil, PT Pindad (Persero) nampaknya serius menggarap pasar segmen mobil penumpang di Indonesia. Direktur Utama (Dirut) PT Pindad Abraham Mose mengatakan pihaknya tengah menyiapkan mobil pikup double cabin untuk dijual ke masyarakat umum.

Pada 1 Maret lalu, PT Pindad juga sudah menebar teaser dari jajaran varian baru. Salah satunya yang tampak ialah mobil double cabin, tampak dari depan, mobil double cabin itu punya desain yang tak biasa dengan garis lekuk tepian yang tajam.

Dirut Pindad Abraham Mose menyebut karena sifatnya yang masih prototipe desain tersebut belum 100 persen akan dilepas ke masyarakat.

"Jadi kita lagi bikin prototipe itu 10 (unit) dengan berbagai varian (termasuk double cabin). Nanti kita akan lihat mana yang terbaik, malah nanti kita akan coba adakan lomba desain untuk mobil Maung ini," ujar Abraham Mose saat dihubungi detikcom, Jumat (5/3/2021).

Seperti diketahui Rantis Maung menggunakan mesin Hilux dengan spesifikasi turbo diesel 4 silinder, 2.400 cc, 6 speed, dengan sistem penggerak four wheel drive (4WD). Abraham menjelaskan saat ini tengah menguji 10 varian dengan alternatif mesin lain.

PT Pindad juga menjelaskan Maung dengan mesin Toyota Hilux saat ini sifatnya hanya prototipe. Rencana ke depan, Maung juga tidak menutup pintu untuk menggunakan mesin lain.

"Sementara masih Hilux, tapi kita lagi lakukan inovasi terus, selain Hilux harus punya alternatif lain. Kira-kira engine apa yang pas, ini kan kalau kontrak kita yang military itu kan sudah Hilux, tapi litbang kita sedang mencoba menggunakan engine-engine lain," jelas Abraham.

[Gambas:Instagram]



Bagaimana dengan waktu peluncuran Maung versi sipil? Abraham berkomitmen Pindad bakal masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Rantis Maung versi sipil, yang diperkirakan akan dirilis pada Juli 2021. Sementara soal harga belum bisa diungkapkan.

"Sesuai yang saya sampaikan kita baru siap untuk sipil di Juli-lah," jelas Abraham.



Simak Video "Jajal Langsung Maung Buatan Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)