Harga Mobil Turun Berkat Diskon PPnBM, Ini Harapan Pabrikan Otomotif

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 01 Mar 2021 16:49 WIB
Suasana Booth Toyota di GIIAS 2017
Diskon PPnBM mobil baru berlaku hari ini. Harga mobil pun semakin murah. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Mulai hari ini, Senin (1/3/2021), harga mobil semakin murah. Soalnya, hari ini hingga tiga bulan ke depan mobil baru dapat diskon PPnBM atau pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Beberapa pabrikan juga sudah mengumumkan harga terbaru mobil-mobil yang kena diskon PPnBM. Diskonnya bervariasi, mulai dari belasan juta rupiah bahkan sampai ada yang Rp 65 juta.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 yang ditandatangani 26 Februari 2021, ada 21 jenis kendaraan yang mendapatkan diskon PPnBM.

Daftar kendaraan yang mendapat keringanan PPnBM:
1. Toyota Yaris (semua varian)
2. Toyota Vios (semua varian)
3. Toyota Sienta (semua varian)
4. Daihatsu Xenia (semua varian)
5. Toyota Avanza (semua varian)
6. Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)
7. Daihatsu Luxio (semua varian)
8. Daihatsu Terios (semua varian)
9. Toyota Rush (semua varian)
10. Toyota Raize (semua varian)
11. Daihatsu Rocky (semua varian)
12. Mitsubisi Xpander (semua varian)
13. Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
14. Nissan Livina (semua varian)
15. Honda Brio RS (semua varian)
16. Honda Mobilio (semua varian)
17. Honda BRV (semua varian)
18. Honda HRV (semua varian)
19. Suzuki Ertiga (semua varian)
20. Suzuki XL7 (semua varian)
21. Wuling Confero (semua varian).

Diberlakukannya diskon pajak mobil baru ini diharapkan bisa membangkitkan industri otomotif. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, mengatakan dengan pajak 21 mobil tersebu diberikan diskon, harapannya industri otomotif akan bangkit.

"Dengan harga-harga diturunkan, tentunya kita berharap agar daya beli masyarakat kita dapat langsung membeli kendaraan-kendaraan ini, agar pabrik-pabrik mobil dan khususnya pabrik-pabrik komponen di dalam negeri itu bisa langsung beroperasi kembali, itu yang kita harapkan. Bahwa jangan sampai ada yang PHk atau apa yang sama skali tidak kita inginkan," kata Jongkie dalam program Profit yang disiarkan CNBCIndonesia, Senin, (01/03/2021).

"Kita berharap bahwa masyarakat yang tadinya masih pikir-pikir membeli mobil, sekarang ada kesempatan dengan harga yang lebih murah, tentunya karena tidak dipungut PPnBM, maka dia (konsumen) segera memutuskan untuk membeli," sambungnya.

Ke-21 mobil itu akan dibebaskan PPnBM selama tiga bulan pertama. Pada tiga bulan berikutnya diberikan diskon PPnBM 50% dan empat bulan sisanya diberikan diskon PPnBM 25%.

"Jadi angka-angka penjualan khususnya ke-21 jenis kendaraan tadi diharapkan dalam 3 bulan ini meningkat, sehingga angka penjualan kita juga lebih baik tentunya dari bulan-bulan sebelumnya," kata dia.

Hal serupa juga disampaikan Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso. Memang, Hendrayadi belum bisa memperkirakan seberapa besar kenaikan penjualan berkat diskon PPnBM. Namun, ia yakin program ini bisa mendongkrak industri otomotif.

"Kami masih belum dapat memperkirakan berapa besar kenaikan penjualannya, mengingat harga baru tersebut baru berlaku hari ini, jadi kami masih akan memantau dulu bagaimana reaksi pasar dalam sepekan ini. Namun kami yakin penurunan harga ini akan menstimulus calon konsumen untuk membeli lebih cepat, agar mereka memastikan dapat menikmati penurunan harga yang cukup signifikan di periode saat ini," ujar Hendrayadi kepada detikcom, Senin (1/3/2021).

Begitu juga dengan Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi. Dia bilang, program diskon PPnBM mobil baru ini diharapkan bisa mendukung industri otomotif.

"Tentunya harapannya bisa meningkatkan permintaan, dan tentu mendukung industri otomotif nasional," kata Anton.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Cuma Sampai Hari Ini, Harga Mobil Dipastikan Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)