Menang Banyak, Toyota Sienta Kena PPnBM 0% + Diskon Dealer, Potongan Tembus Rp 37 Juta

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 20:21 WIB
All New Sienta
Toyota Sienta. Foto: M Luthfi Andika
Jakarta -

Toyota Sienta mendapatkan diskon yang cukup banyak akibat terkena PPnBM 0 persen ditambah diskon khusus setiap pembelian mobil baru dari dealer. Bahkan menurut penuturan salah satu konsumen setia Toyota, potongan harganya bisa mencapai Rp 37 juta.

Kementerian Perindustrian resmi merilis daftar 21 merek mobil yang bakal mendapatkan pembebasan biaya PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) selama tiga bulan (Maret-Mei) ke depan.

MPV kompak Toyota Sienta menjadi salah satu model yang mendapatkan keringanan ini karena memenuhi syarat kandungan komponen lokal 70%, juga kapasitas silinder mesin tak lebih dari 1.500 cc.

Untuk brand sebesar Toyota, volume penjualan Toyota Sienta sendiri memang cukup kecil. Mengutip data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2020 Toyota Sienta hanya mampu mencatatkan wholesales 393 unit. Jadi tidak heran jika banyak dealer menawarkan diskon besar untuk mobil berpintu geser ini.

Dan ketika Toyota Sienta dipastikan mendapat relaksasi PPnBM 0%, akumulasi diskonnya tentu lebih besar lagi. Salah satu sumber terpercaya detikOto, mengakui bahwa dirinya ditawari mobil ini dengan potongan harga yang cukup menggiurkan.

"(Ada dealer nawarin) New Sienta V manual harga OTR DKI Rp 276.850.000, terus kena potongan Rp 37 juta (estimasi diskon dan penurunan harga karena PPnBM 0%), harganya jadi Rp 239.850.000. Jadi diskon dealer-nya Rp 15 juta dan penurunan harga karena PPnBM 0%-nya Rp 22 juta," kata sumber detikOto, yang enggan disebut namanya.

Jika mengikuti bocoran informasi dari sumber detikOto di salah satu dealer Auto2000, Sienta menjadi model MPV Toyota yang mendapatkan potongan harga paling besar karena PPnBM 0 persen. Sebagai perbandingan, estimasi penurunan harga akibat PPnBM 0 persen model Toyota Avanza antara Rp 13 juta-Rp 16 juta, Rush Rp 18 juta-Rp 19 juta, Yaris turun Rp 18 juta-Rp 21 juta, dan Sienta turun Rp 19 juta-Rp 22 juta. Sementara untuk sedan Vios, harganya turun hingga Rp 60 juta-Rp 65 juta.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perindustrian telah menyetujui relaksasi pajak mobil baru untuk menggerakkan perekonomian di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Mulai bulan Maret 2021, mobil-mobil baru dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, berpenggerak dua roda atau 4x2, juga sedan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc, akan mendapatkan PPnBM 0% selama 3 bulan (Maret-Mei 2021).

Pemberian insentif ini dilakukan secara bertahap selama 9 bulan, di mana masing-masing tahapan akan berlangsung selama 3 bulan. Tahap pertama akan diberikan insentif PPnBM sebesar 100% dari tarif atau PPnBM 0 persen. Kemudian diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua. Dan pada tahap ketiga pemerintah berikan insentif PPnBM 25% dari tarif.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)