Mensos Risma Lelang Rolls-Royce 'Hantu' Rp 8,3 M, Ini Keunggulannya

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 25 Feb 2021 13:43 WIB
Penampakan mobil Rolls Royce yang akan dilelang Kemensos
Rolls-Royce yang bakal dilelang Kemensos Risma Foto: Kadek/detikcom
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini bakal melelang mobil-mobil mewah yang tidak terpakai. Salah satunya mobil Rolls-Royce Ghost tahun 2012 yang berasal dari undian sebuah maskapai penerbangan.

Sejak meluncur di Indonesia tahun 2009, Ghost sudah menjadi simbol kesuksesan para pengusaha terkemuka Indonesia. Oke, bagaimana sekilas tentang Rolls-Royce Ghost ini?

Urusuan jantung pacu, Rolls-Royce Ghost ini menggendong mesin 6.600 cc, V12, dikombinasi sistem transmisi otomatis 8 percepatan dan sistem penggerak roda belakang.

Soal performa, mesin itu mampu menghasilkan tenaga puncak 562 dk di 5.250 rpm dan torsi 780 Nm pada 1.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, Rolls-Royce Ghost Series bisa berakselerasi dari 0-100 km hanya dalam 5 detik dan bisa meraih kecepatan maksimum hingga 250 km/jam.

Penampakan mobil Rolls Royce yang akan dilelang KemensosPenampakan mobil Rolls Royce yang akan dilelang Kemensos Foto: Kadek/detikcom

Kendati kencang, mobil asal Inggris ini tetap memiliki kenyamanan khas mobil premium. Material joknya menggunakan finishing kulit yang dilengkapi lumbar support di bagian kursi pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga sudah menggunakan suspensi udara adaptif di keempat sudut, yang bertugas 'menjinakkan' roda dengan diameter pelek 19 inci berwarna silver.

Bicara fitur, Rolls-Royce Ghost sudah dilengkapi sistem ABS, driveline traction control, navigation system, dan parking assist. Beberapa fitur lainnya meliputi front air conditioning, dual zone automatic, rear air conditioning with separate controls, SiriusXM AM/FM/HD/Satellite, seek-scan Radio, 1st row LCD monitor, keyfob (all doors) remote keyless entry, heated mirrors, dan windshield wipers - rain sensing.

Rolls-Royce Ghost ingin dilelang umum

Risma ingin dana hasil lelang bisa digunakan untuk membantu pembangunan perumahan khusus bagi korban bencana alam. Dia berharap pelelangan barang-barang tersebut dapat dimulai awal Maret mendatang.

Ia menyampaikan harga perolehan Rolls-Royce pada saat digelarnya undian sekitar Rp 8,3 miliar. Untuk harga lelangnya nanti, Risma ingin harga yang dipasang sesuai dengan harga pasaran saat ini.

"Ya kita lelang umum, itu harga perolehannya ini Rp 8,3 miliar harga perolehan saat tahun itu, nanti kita lihat hasil lelangnya. Ini yang Rolls-Royce saja. Kemudian masing-masing ada harga perolehannya, tapi kan nanti kita price sell saat mau lelang, jadi harus ada price sell, saya minta price sell-nya umum, harganya memang harga sesuai pasar," ucapnya.

Risma tidak memiliki target sasaran kepada siapa mobil mewah asal Inggris itu akan dilelang. Dia berharap ada dermawan, baik itu dari kalangan artis maupun kolektor yang bersedia dengan sukarela untuk membeli mobil tersebut.



Simak Video "Rapat Komisi VIII DPR dengan Risma Soal Nomenklatur BNPB Berakhir Buntu"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)