Nissan Terra Disuntik Mati di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 23 Feb 2021 16:14 WIB
Nissan Terra Membelah Keindahan Sumatera
SUV kekar Nissan Terra Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Mobil Sport Utility Vehicles (SUV) Nissan Terra menghilang dari situs resmi Nissan Indonesia. Apakah perjalanannya berakhir menyusul Chevrolet Trailblazer?

Seperti dilihat detikOto, Selasa (23/2/2021) Nissan Terra tak lagi terpampang menemani line up SUV seperti X-Trail, Kicks e-Power, dan Nissan Magnite. Padahal Nissan Terra digadang bisa mendobrak dominasi SUV ladder frame Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Saat dikonfirmasi, Head of Marketing-Communication Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon membenarkan jika Nissan Terra sudah tidak lagi tersedia di jaringan penjualan Nissan.

"Nissan Terra model saat ini sudah sold out jadi ditarik dari website supaya tidak membingungkan konsumen," kata Julian saat dihubungi detikOto, Selasa (23/2/2021).

Namun ia tidak menyatakan jika Nissan Terra disuntik mati penjualannya di Indonesia. Pun apakah pihak NMDI bakal kembali menyuplai Nissan Terra pada tahun 2021.

Di saat kompetitor mulai menyegarkan produk andalannya. Belum diketahui juga apakah pihak NMDI juga akan melakukan langkah yang sama.

"Kami sedang pelajari kemungkinannya," kata dia.

Nissan menggelar test drive Nissan Terra di Tangerang, Senin (4/3/2019).Nissan Terra Foto: Ruly Kurniawan

Memang bila mencuplik data wholesales (pabrik ke dealer) Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan belum semoncer Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Disinyalir untuk menghabiskan stok, pertengahan tahun lalu bahkan, Nissan Terra sudah didiskon hingga ratusan juta rupiah.

Sepanjang tahun 2020, angka penjualannya semakin kecil, distribusi Nissan Terra hanya 800 unit, lalu nol sejak Oktober 2020. Padahal secara harga Terra bukanlah yang termahal di kelasnya. Bila dibandingkan pada Oktober lalu, Nissan membanderol Terra dengan harga Rp 478,9 juta hingga yang termahal Rp 680,8 juta. Harga tersebut bisa dibilang masih lebih murah dari Pajero Sport yang dibanderol Rp 548,5- Rp 702 juta dan Fortuner Rp 566,9 juta - Rp 685 jutaan.

Seperti diketahui Nissan Motors Indonesia (NMI) mulai melakukan penjualan Terra beberapa waktu lalu tepatnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Dari kubikasi mesin, Terra juga cukup bersaing dengan para kompetitornya. Nissan Terra memiliki kubikasi 2.488 cc, 4 silinder DOHC dengan turbocarger (VGS) dan tenaga 190 dk dengan torsi 450 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 7 percepatan.



Simak Video "Tantang Pajero dan Fortuner, Nissan Terra Terbaru Hadir di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)