Kini McLaren Kawinkan Motor Listrik dengan Mesin V6

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 18 Feb 2021 07:18 WIB
McLaren Artura Hybrid
McLaren Artura Foto: Pool (Motor1)
Jakarta -

Sadar harus melahirkan mobil ramah lingkungan namun tidak melupakan performa, membuat produsen mobil asal Inggris McLaren kembali melakukan terobosan dengan memperkenalkan mobil hybrid super yang menggendong mesin V6.

Dikutip motor1, memang bukan kali pertama McLaren memperkenalkan mobil hybrid, karena sebelumnya McLaren sudah memperkenalkan P1 Hypercar yang menjadi salah satu mobil hybrid super dengan memiliki tenaga hingga 903 daya kuda, bahkan untuk bisa berlari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 2,8 detik.

Kini McLaren kembali memperkenalkan pilihan hybrid lain yang tidak kalah tangguh dari McLaren P1 Hypercar yakni McLaren Artura. Mobil asal Inggris ini dipastikan juga bakal menawarkan ketangguhan di atas aspal. Dikatakan Artura akan mampu menyemburkan 577 tenaga kuda dan torsi mencapai 431 lb-ft, berkat mesin V6 berkapasitas 3.0 liter.

McLaren Artura HybridMcLaren Artura Hybrid (Motor1) Foto: Pool (Motor1)

Ketangguhan mesin V6 ini akan dikawinkan dengan motor listrik yang mampu menawarkan 94 tenaga kuda dan torsi mencapai 166 lb-ft. Walhasil saat dikombinasikan, McLaren Artura ini bakal mampu menyemburkan tenaga hingga 671 tenaga kuda. Bersama dengan 8 percepatan otomatis mobil hybrid ini dikatakan cuma butuh 3 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam.

Motor listrik McLaren Artura dikatakan akan menggendong 5 baterai lithium-ion dengan kombinasi 7,2 kilowatt-hours dan hanya butuh waktu 2,5 jam untuk bisa mengisi full baterai. Saat menggunakan tenaga listrik murni dikatakan mobil ini mampu berlari hingga 30km. Selain itu lebih keren lagi McLaren Artura ini akan dilengkapi dengan charger EVSE, serta menggunakan platform New McLaren Carbon Lightweight Architecture yang sangat ringan atau hanya mencapai 3.303 pounds.

Soal harga dikatakan McLaren Artura dihargai USD 225.000 atau setara dengan Rp 3,1 miliar (dengan kurs 1 USD = Rp 14.037).

McLaren Artura HybridMcLaren Artura Hybrid Foto: Pool (Motor1)


Simak Video "Kecelakaan di Tol Jagorawi, Supercar McLaren Ringsek Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)