Konsumen Mulai Penasaran dengan Relaksasi PPnBM Mobil Baru di Maret 2021

Ilham Satria - detikOto
Senin, 15 Feb 2021 15:31 WIB
Suasana GIIAS 2019
Ilustrasi pameran GIIAS Foto: Dok. Seven Events
Jakarta -

Coba merangsang pasar di masa pandemi COVID-19 pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru. Rencananya pemberian pajak sebesar nol persen tersebut akan mulai diterapkan pada Maret 2021.

Hal tersebut berdampak bagi dealer penjualan mobil. Banyak konsumen yang kemudian bertanya mengenai kepastian PPnBM tersebut, agar bisa mendapatkan bebas pajak nol persen pada periode pertama selama tiga bulan awal.

Dalam pantauan detikOto, ada beberapa dealer mobil di Jakarta yang mulai kebanjiran pertanyaan dari beberapa konsumen mengenai peraturan baru tersebut. Salah satunya pada dealer Toyota yang berada di bilangan Jakarta.

Salah satu pegawai yang telah dihubungi detikOto mengungkapkan, ada banyak konsumen yang bertanya mengenai regulasi diskon pajak PPnBM itu.

"Ada banyak konsumen yang bertanya, dari mulai konsumen lama terus konsumen baru juga ada," katanya.

Ketika ditanya mengenai konsumen yang sudah mulai melakukan pemesanan pada Maret mendatang, dirinya mengungkapkan masih belum banyak.

"Kalau untuk bulan depan belum ada ya, karena masih ada yang langsung beli untuk bulan ini dan baru ada yang menanyakan saja. Tergantung customer juga, ada yang akhirnya pending membeli mobil bulan ini dan menunggu hingga bulan depan," ujarnya.

Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian baru saja merilis PPnBM. Salah satu poin pentingnya yakni mengekspor kendaraan ke Australia.Ilustrasi kendaraan di Indonesia Foto: Grandyos Zafna

Hal senada juga disampaikan sales promotion dealer Suzuki, petugas penjualan di sana mengungkapkan ada beberapa konsumen yang menanyakan perihal penjualan mobil dengan PPnBM diskon pajak.

"Kalau di dealer Suzuki sudah ada konsumen yang bertanya, tapi kami sendiri belum berani menjelaskan kepada konsumen karena peraturannya belum dibuat oleh perusahaan," ungkapnya.

Saat ditanya mengenai konsumen yang mulai memesan mobil untuk bulan Maret, dirinya mengungkapkan belum ada konsumen yang berminat.

"Untuk bulan Maret juga belum ada, jadi masih banyak konsumen yang tertarik untuk membeli mobil di bulan ini. Hal itu juga karena sudah sesuai dengan harga penjualan mobil di bulan ini, takutnya di bulan depan bisa ada perubahan harga," ucapnya.

Kemudian tim detikOto coba menghubungi salah satu dealer Honda. Kepada salah satu pegawai di sana mengatakan bahwa sudah banyak konsumen yang mulai bertanya mengenai relaksasi pajak PPnBM itu.

"Banyak calon konsumen kami yang menanyakan, biasanya dari customer lama yang ingin membeli mobil baru, ada juga customer baru yang bertanya-tanya," jawabnya.

Senada dengan beberapa dealer sebelumnya, belum ada konsumen yang mulai tertarik untuk memesan mobil pada bulan Maret nanti. Soalnya harga kendaraan yang dijual saat ini masih untuk bulan Februari saja.

"Belum ada ya, karena harganya untuk bulan depan juga belum keluar. Jadi kita belum bisa memastikan kepada konsumen untuk bisa memesan mobil sesuai dengan harga di bulan Maret," ungkapnya.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)