Kilas Balik Iklan Isuzu Panther: Jakarta-Bali Rp 44 Ribu!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 19:11 WIB
Jakarta -

Isuzu Panther jadi salah satu mobil legendaris di Indonesia. Dipasarkan sejak tahun 1991, Panther lekat dengan julukan "Rajanya Diesel" serta irit bahan bakar minyak (BBM).

Satu iklan pemasaran yang cukup ikonik dari Isuzu Panther ialah soal perjalanan Jakarta-Bali.

"Waktu itu saya ke Bali, nganter mertua, berdelapan. Hujan lebat sekali, untuk pakai Panther, bebas dempul. Jalannya rusak, tak terasa. Cuma Rp 44.000, dari Jakarta sampai deh di Bali. Hemat kan?" ucap pria dalam tayangan iklan tersebut.

[Gambas:Youtube]



Dengan jarak Jakarta-Denpasar yang berjarak kurang lebih 1.150 km. Dengan menurut literasi harga solar kala itu sekitar Rp 380 perak. Artinya jika dihitung konsumsi BBMnya dengan jumlah kilometer dibagi konsumsi BMM maka didapat sekitar 9,93 km per liter.

Dua dekade sudah Panther menemani masyarakat Indonesia. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akhirnya menyuntik mati mobil pesaing Toyota Kijang hingga Mitsubishi Kuda ini.

Usut punya usut, permintaan mobil Panther ini kian menyusut. Di sisi lain, mesin Panther terhenti lantaran emisi Euro IV yang bakal diterapkan pemerintah Indonesia.

Mobil legendaris ini pernah menyentuh angka penjualan ribuan unit dalam setahun. Namun mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) distribusi Panther kian merosot, tercatat Panther tidak mampu menembus angka 1.500 sejak tahun 2015.

Isuzu Panther hadir di Indonesia dan telah mengalami 4 kali perubahan. Secara model, sejak lahir tahun 1991 Isuzu juga terus menyempurnakan tampilan Panther. Terakhir, Panther tercatat dipermak pada tahun 2013.

Diawali dari generasi pertama tahun 1991-1996 yang disebut sebagai Panther Kotak Pre-Facelift, lalu diikuti generasi kedua 1996-2000 yang disebut dengan Panther Kotak Facelift, selanjutnya generasi ketiga Panther Kapsul versi awal (2000-2004), dan generasi terakhir mulai 2004 hingga saat ini. Hingga perjalanan Isuzu Panther terhenti pada tahun 2020.

"Hari ini kami mengucapkan terima kasih Panther, karena kita akan lebih fokus lagi ke commercial vehicles, tetapi dari sisi pengguna Panther tidak usah khawatir, karena kami Isuzu Real Partner, Real Journey," jelas General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril saat konferensi pers virtual, Rabu (10/2/2021).

(riar/lth)