Waduh, Mobil Tesla Banyak Dikomplain Konsumen China, Kenapa?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 07:11 WIB
Mobil Listrik Tesla di SIlicon Valley
Konsumen di China komplain soal mobil listrik Tesla. Kenapa? Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Konsumen mobil listrik Tesla mengkomplain masalah yang terjadi pada mobil-mobilnya. Pejabat pemerintah China pun mengundang perwakilan Tesla atas keluhan dari konsumen tersebut.

Diberitakan Reuters, Pemerintah China bertemu dengan perwakilan Tesla atas laporan dari konsumen. Konsumen di negeri itu mengeluhkan baterai mobil listrik Tesla terbakar, mobil mengalami akselerasi tak terduga hingga kegagalan dalam pembaruan perangkat lunak over-the-air.

Para pejabat China mendesak Tesla untuk beroperasi sesuai hukum dan melindungi hak pelanggan. Administrasi Negara China untuk Peraturan Pasar bersama Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, Kementerian Manajemen Darurat, Administrasi Ruang Siber dan Kementerian Perhubungan, telah bertemu Tesla untuk mendiskusikan masalah tersebut.

Sebagai tanggapan, Tesla mengatakan akan menyelidiki secara menyeluruh masalah yang dilaporkan oleh konsumen dan meningkatkan inspeksi.

"Kami akan secara ketat mematuhi hukum dan peraturan China dan selalu menghormati hak konsumen," kata seorang perwakilan Tesla.

Produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla membangun pabrik baru di Jerman. Lokasi pembangunan pabrik berada di hutan di Gruenheide, Berlin.Konsumen mobil listrik Tesla komplain soal masalah mobilnya. Pemerintah China sampai turun tangan. Foto: Getty Images/Sean Gallup

Dia menambahkan bahwa Tesla menerima bimbingan dari departemen pemerintah China.

China sendiri menjadi salah satu pasar terbesar bagi Tesla. Bahkan, Tesla membangun pabrik mobil listrik di China. Tesla sedang membangun sedan listrik Model 3 dan kendaraan sport Model Y di pabriknya di Shanghai. Pada Januari 2021, Tesla telah menjual 15.484 unit buatan China.

Kementerian Perindustrian China pada Mei lalu mendesak Tesla untuk memastikan konsistensi dalam kendaraan buatan China. Soalnya, beberapa pelanggan China mengeluh tentang chip komputer yang kurang canggih di mobil listrik asal Amerika Serikat itu.



Simak Video "Mobil Tesla Elon Musk Sudah Mendekati Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)