Mitsubishi Eclipse Cross Gantikan Peran Outlander di Indonesia?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 19:10 WIB
Test drive Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Agung Pambudhy/detik.com
Jakarta -

Mitsubishi pastikan tidak akan menjual Outlander Sport di Indonesia, pilihan SUV compact Mitsubishi, kini hanya tinggal Eclipse Cross.

Direktur Penjualan & Pemasaran PT MMKSI, Irwan Kuncoro menyebut Eclipse Cross memiliki segmen yang sama dengan Outlander Sport.

"Sebagai penyegaran di line-up model kendaraan penumpang kami, pada tahun 2019 kami memperkenalkan Eclipse Cross di event GIIAS. Model ini berada di segment yang kurang lebih sama dengan Outlander Sport dan kami fokus pada penyegaran yang kami lakukan," kata Irwan.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan Mitsubishi Eclipse memang tidak kalah dengan yang ditawarkan Mitsubishi Outlander, karena memang Mitsubishi Eclipse ditawarkan dengan berbagai kelebihan fitur yang bisa memanjakan konsumen di Indonesia.

Seperti dalam pemberitaan detikOto sebelumnya saat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan produk SUV terbarunya yakni Mitsubishi Eclipse Cross berbagai fitur kemudahan, kenyamanan dan keamanan khususnya kepada pengemudi diberikan.

detikOto melakukan drive test crossover SUV unggulan besutan Mitsubishi tersebut. Ada beberapa fitur yang membuat mobil seharga di bawah Rp 500 juta ini menarik perhatian. Di antara banyaknya fitur andalan, satu yang menarik dari mobil ini adalah fitur Head Up Display (HUD) untuk memberi informasi kecepatan dan transmisi kendaraan di sebuah monitor kecil tepat di atas dashboard kemudi. Fitur ini akan menyesuaikan cahaya dan posisi sehingga pengemudi bisa melihat informasi dengan jelas.

Test drive Mitsubishi Eclipse CrossIlustrasi saat Test drive Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Agung Pambudhy

Mobil dua baris ini juga memiliki fitur carplay yang dapat dikontrol melalui touchpad yang berada di sebelah console box mobil. Fitur Carplay ini dapat terhubung dengan smartphone sehingga beberapa aplikasi seperti pengirim pesan, telepon, dan pemutar musik di ponsel dapat ditampilkan dan dioperasikan pada carplay.

Fitur tilt & telescopic juga diterapkan pada kemudi mobil ini sehingga pengemudi bisa mengatur kemudinya naik atau turun serta maju atau mundur ditambah jok pengemudi yang dapat diatur kehangatannya sehingga pengemudi akan merasakan kenyamanan berkendara.

Selain itu, tombol start/stop engine dan tombol audio control yang terdapat pada kemudi Mitsubishi Eclipse Cross membuat pengemudi akan semakin mudah dalam mengatur kondisi mobilnya.

Untuk meningkatkan keamanan berkendara, SUV dari Mitsubishi ini dilengkapi dengan fitur untuk mengatur kecepatan otomatis. Fitur ini bekerja ketika pengemudi mengatur kecepatan tertentu (misal 60 km/jam), maka mobil akan berjalan konsisten pada kecepatan tersebut tanpa menginjak pedal gas atau rem.

Fitur tersebut didukung dengan fitur keamanan lain yaitu Forward Collision Mitigation (FCM) untuk menjaga jarak mobil apabila mendeteksi adanya objek di depan dan pengemudi tidak menekan pedal rem maka mobil akan perlahan menurunkan kecepatan hingga berhenti untuk menghindari benturan.

Ada juga fitur Blind Spot Monitoring (BSM) di kaca spion yang akan menyala ketika ada kendaraan mendekat dari arah yang tak terduga misalnya dari samping atau belakang. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi untuk makin waspada ketika terlalu fokus memantau arah depan mobil.

Terdapat tiga varian mobil ini berdasarkan warna, yakni Ultimate A/T 1.5L Turbo Amethyst Black, Silky White, dan Red Diamond yang semuanya dibanderol pada harga antara Rp 480 juta-Rp 490 juta.



Simak Video "Tes Mitsubishi New Xpander di Sirkuit, Bagaimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)