Suzuki Swift Terbaru Meluncur di Thailand, Pakai Mesin 1.200 cc CVT

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 04 Feb 2021 18:49 WIB
Suzuki Swift
Suzuki Swift. Foto: Dok. Suzuki
Bangkok -

Suzuki Swift terbaru meluncur di Thailand. Swift generasi ketiga yang mendapatkan pembaruan minor ini pertama meluncur secara global pada Mei tahun lalu dan baru sekarang mendarat di Thailand.

Suzuki Swift terbaru ini menggunakan mesin berkode K12M Dualjet untuk memastikan bahwa hacthback ini memenuhi persyaratan sebagai mobil ramah lingkungan Phase 2 Thailand. Mesin berkapasitas 1.200 cc ini menyemburkan tenaga hingga 82 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm pada 4.400 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Soal pembaruan memang cukup minor. Paling kentara adalah revisi di grille depannya. Meski ukuran dan bentuknya sama dengan Swift generasi tiga sebelum facelift, trim plastik yang sebelumnya ada di tengah diganti dengan krom tipis.

Sedangkan untuk bagian mobil lainnya, seperti lampu depan dan lampu belakang masih sama seperti model sebelumnya. Interior juga mempertahankan tata letak dasbor yang sama seperti sebelumnya.

Suzuki Swift tipe GL hadir dengan velg baja 15 inci dengan cover, spion samping yang bisa dilipat elektrik, lampu depan LED, lampu positioning LED, lampu belakang LED. Perlengkapan lainnya termasuk airbag depan, ABS, EBD, ESP, hill hold control, traction control dan idling stop system.

Suzuki SwiftSuzuki Swift Foto: Dok. Suzuki

Fitur standar pada Swift tipe GL termasuk electric power steering, setir tiga palang dengan fungsi penyesuaian tilt steering, keyless entry and start, AC otomatis, kain pelapis jok, kursi depan yang dapat disesuaikan secara manual, head unit standar (input AUX, CD dan USB), speaker depan dan trim interior berwarna putih.

Suzuki SwiftSuzuki Swift Foto: Dok. Suzuki

Sedangkan tipe GLX ditambahkan setir yang dibungkus kulit dan ada fungsi teleskopik, lampu sein di spion, velg alloy 16 inci, lampu depan LED, lampu kabut depan, trim interior silver, head unit layar sentuh delapan inci dengan fungsi HDMI, Android Auto dan Apple Carplay, empat airbag tambahan (samping dan tirai), serta kamera parkir. Suzuki Swift tipe tertinggi ini juga dibekali rem belakang cakram, bukan rem tromol seperti pada tipe GL.

Di Thailand, Suzuki Swift terbaru ini dijual dengan harga mulai dari 557.000 baht (Rp 260 juta) untuk tipe GL dan 629.000 baht (Rp 294 juta) untuk tipe GLX.

Sementara itu, Suzuki sudah beberapa tahun belakangan tidak lagi menjual Suzuki Swift di Indonesia. Di segmen hatchback, Suzuki lebih memilih menjual Baleno di Indonesia.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)