Yaris Cross Masuk Singapura, Harganya Tembus Rp 1 Miliar!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 02 Feb 2021 08:15 WIB
Yaris Cross
Foto: Yaris Cross
Singapura -

Toyota Singapura sudah menjual Toyota Yaris Cross di negaranya. Seperti kebanyakan mobil di negara itu, Yaris Cross dibanderol sangat mahal.

Toyota Singapura menjual Yaris Cross dengan dua pilihan, ada Yaris Cross Active dan Excite. Harga keduanya sudah di atas Rp 1 miliar kalau dirupiahkan.

Yang termurah, Toyota Yaris Cross tipe Active dibanderol SG$ 106.888 atau setara dengan Rp 1,12 miliar. Sementara versi yang lebih mahal, Yaris Cross Excite harganya SG$ 111.888 atau setara Rp 1,18 miliar. Harga tersebut sudah termasuk Sertifikat Kepemilikan.

Padahal, Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan Toyota Yaris Cross di Jepang pada tahun lalu dengan harga mulai dari 1.798.000 yen hingga 2.815.000 yen (Rp 250 juta-Rp 390 juta).

Ya, harga mobil di Singapura memang sangat mahal. Soalnya, pemerintah Singapura memberlakukan pembatasan penjualan kendaraan dengan ketat. emerintah Singapura telah mengatur jumlah total mobil yang beredar di negara kecil tersebut. Pemerintah negeri itu mengeluarkan izin dalam jumlah terbatas. Pembeli mobil harus memiliki Sertifikat Kepemilikan atau Certificates of Entitlement (COE).

Calon pembeli harus menawar COE terlebih dahulu sebelum diizinkan membeli mobil. Itu tidak murah, COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SG$ 40.609 (Rp 433 juta). COE akan lebih mahal lagi untuk kendaraan dengan mesin di atas 1.600 cc.

Mahalnya harga mobil di Singapura adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi jumlah mobil. Sebab, ruang negeri itu sangat terbatas.

Kembali ke Toyota Yaris Cross, mobil ini dikembangkan untuk mengejar nilai baru sebagai SUV compact. Yaris Cross diklaim menawarkan kenyamanan dan mengusung berkendara yang gesit, teknologi keamanan dan keselamatan cangih serta hemat bahan bakar.

Secara spesifik, seperti halnya Yaris terbaru, All New Yaris Cross adalah kendaraan compact pertama Toyota yang mengadopsi platform TNGA (GA-B). Yaris Cross menampilkan proporsi ramping, seimbang, dan halus yang mengekspresikan kekokohan dan kehadiran yang unik pada sebuah SUV. Meski merupakan SUV compact, Yaris Cross menawarkan ruang bagasi yang mudah digunakan dan mendukung gaya hidup aktif pengemudi dan penumpangnya.

Yaris CrossYaris Cross Foto: Yaris Cross

Yaris Cross ditawarkan dengan beberapa pilihan. Ada yang menggunakan mesin bensin 1.5 liter Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi direct shift CVT, ada pula yang versi hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II. Versi mesin bensin ditawarkan opsi penggerak roda depan (FWD) dan 4WD. Sementara versi hybrid juga hadir dengan opsi FWD dan E-Four atau electric four wheel drive.

Sistem 4WD (penggerak empat roda) memberikan kinerja berkendara yang mulus untuk berbagai aktivitas mulai dari berkendara di perkotaan hingga aktivitas rekreasi. Model bertenaga bensin ini sarat dengan fungsi yang menawarkan performa berkendara SUV yang memuaskan, termasuk 'Multi-terrain Select' yang memungkinkan pengemudi memilih di antara tiga mode untuk menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan.

Toyota juga menawarkan model hybrid yang menampilkan E-Four (sistem 4WD listrik) untuk pertama kalinya pada mobil compact. Selain itu, varian hybrid mampu menekan konsumsi bahan bakar versi hyrbdi 2WD, mencapai 30,8 km/liter dalam mode WLTC.



Simak Video "Motor KTM Rp 566 Jutaan Ini Ludes Kurang dari 5 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)