Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid, Dikembangkan Bareng Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 30 Jan 2021 13:56 WIB
Daihatsu Rocky Modelista
Daihatsu Rocky kabarnya bakal punya versi hybrid (Daihatsu Japan)
Osaka -

Daihatsu Motor dirumorkan sedang menyiapkan Daihatsu Rocky Hybrid. Daihatsu memiliki rencana untuk meluncurkan Rocky hybrid tahun ini dalam rangka elektrifikasi kendaraan mereka.

Diberitakan Asia Nikkei, Daihatsu Rocky hybrid akan dikembangkan bersama dengan Toyota Motor. Langkah tersebut menandakan bahwa Daihatsu berupaya mengejar ketertinggalan dalam elektrifikasi karena Jepang bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050.

Daihatsu Rocky hybrid diperkirakan memakan biaya lebih mahal. Namun, Daihatsu menargetkan efisiensi bahan bakar Rocky hybrid lebih irit 20-30%.

Daihatsu sendiri sebenarnya sudah punya teknologi hybrid. Pabrikan itu menjual van komersil Daihatsu Hijet hybrid sampai sekitar 2010 dalam skala terbatas.

Mengacu pada sistem hybrid Toyota, Daihatsu mengembangkan teknologi hybrid di mana hanya motor listriknya yang dapat memutar roda saat mesin mati.

Daihatsu Rocky diperkirakan bakal lahir di Indonesia pada tahun ini. Apalagi, belum lama ini Daihatsu Rocky tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Indonesia.

Spyshot Daihatsu Rocky tersebut diunggah di media sosial instagram milik automotive enthusiast @indra_fathan. Diduga lokasi pengambilan gambar itu di wilayah Tanjung Priok yang dekat dengan kantor pusat dan pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Rocky kali pertama diperkenalkan sebagai mobil compact SUV yang telah diluncurkan di Jepang pada November 2019 di Tokyo Motor Show 2019. Daihatsu Rocky dijual dengan pilihan mesin 1.000 cc turbo. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Berdasarkan data spesifikasi, Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Wheelbase-nya sepanjang 2.525 mm. Mobil ini memiliki bobot 980 kg. Mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Sementara itu, Pemerintah jepang menargetkan semua mobil baru di sana dialiri listrik pada 2035. Ini merupakan langkah Jepang untuk menekan emisi gas buang dari kendaraan bermotor.



Simak Video "Meski Lebih Canggih-Irit, Mesin Daihatsu Rocky Tak Diplot Untuk Ayla"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)