Mobil Hybrid Masuk Indonesia, Ini yang Paling Laris

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 27 Jan 2021 13:10 WIB
Toyota Corolla Cross Hybrid
Corolla Cross jadi mobil hybrid paling laris. Foto: Muhammad Ridho Suhandi/detikOto
Jakarta -

Mobil hybrid menjadi kendaraan ramah lingkungan yang saat ini sudah jamak dijual di Indonesia. Mobil yang menggabungkan mesin bakar dan motor listrik ini mulai dilirik banyak konsumen di Indonesia.

Saat ini, ada beberapa pabrikan yang sudah menjual massal mobil hybrid. Ada mobil hybrid konvensional hingga plug-in hybrid (PHEV) yang bisa dicas dengan colokan rumah tangga dan bisa melaju dengan mengandalkan hanya tenaga listriknya. Mobil hybrid apa yang paling laris di Indonesia sepanjang 2020?

Mengutip data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil hybrid terlaris di Indonesia saat ini adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Crossover bertenaga hybrid itu menjadi mobil hybrid paling laris dalam periode Januari-Desember 2020.

Dalam data penjualan wholesales yang dicatat Gaikindo, Toyota Corolla Cross yang dibanderol Rp 510.580.000 itu terjual sebanyak 652 unit selama 2020. Sementara penjualan mobil hybrid lainnya yang tercatat data Gaikindo tak sampai 200 unit.

Di bawah Toyota Corolla Cross Hybrid adalah Nissan Kicks e-Power sebagai mobil hybrid terlaris kedua. Nissan memang mengklaim Kicks e-Power berbeda dengan mobil hybrid karena mesin bakarnya tak menggerakkan roda melainkan hanya menjadi generator penghasil tenaga listrik. Namun, karena ada gabungan mesin bensin dan motor listrik, data Gaikindo mengategorikan Nissan Kicks e-Power sebagai mobil hybrid.

Dalam catatan data Gaikindo, Nissan Kicks e-Power terjual sebanyak 153 unit. Saat ini, Nissan Kicks e-Power dijual dengan harga mulai Rp 451 juta.

Di bawah Nissan Kicks e-Power ada Toyota Camry Hybrid. Sedan Toyota berteknologi hybrid itu terjual sebanyak 130 unit. Kini, Camry Hybrid dijual dengan harga Rp 848.500.000.

Selanjutnya ada Toyota C-HR Hybrid dengan penjualan sebanyak 126 unit dan Toyota Corolla Altis Hybrid sebanyak 41 unit. Toyota C-HR Hybrid dibanderol mulai dari Rp 559.140.000, sedangkan Toyota Corolla Altis Hybrid Rp 591.600.000.

Terakhir ada mobil berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), yakni Mitsubishi Outlander PHEV. Outlander PHEV yang dijual Rp 1,3 miliaran itu terjual sebanyak 6 unit pada tahun 2020.



Simak Video "Mulai Rp 270 Jutaan, Toyota Luncurkan Raize Hybrid di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)