Wuling Journey: Mobil Pikap buat Pengusaha Muda, Begini Bocorannya

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 24 Jan 2021 19:40 WIB
Wuling Journey
Wuling Journey Foto: GMauthority
Jakarta -

Perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) bakal merilis mobil baru pertama di tahun 2021. Bukan MPV, hatchback, atau SUV, calon mobil baru Wuling itu ialah mobil pikap, yang bernama Journey.

Dikutip dari laman GMAuthority, Minggu (24/1/2021) Wuling Journey bakal melakoni debutnya di China dulu. Meski pabrikan asal China ini sudah memiliki mobil pikap Rongguang, Wuling Journey memiliki desain lebih kekinian, dengan memosisikan sebagai "Youth Pickup". Tujuan utamanya ialah memenuhi kebutuhan mobilitas wirausahawan muda.

Wuling JourneyWuling Journey Foto: GMauthority

Teaser gambar pertama Wuling Journey menunjukkan kalau mobil itu masih menggunakan bahasa desain kendaraan komersial lainnya, format kotak dan lekukan garis body yang sederhana.

Pada bagian grille terpampang logo kebesaran Wuling --5 berlian dengan kelir merah. Ini menunjukkan kalau model ini dikhususkan untuk pasar China, beda dengan produk global yang sudah menggunakan warna silver.

Wuling JourneyWuling Journey Foto: SGMW

Dari segi dimensi, Wuling Journey memiliki ukuran panjang keseluruhan 5.105 mm, lebar 1.640 dan tinggi 1.811 mm, dengan jarak sumbu roda 3.160 mm.

Belum banyak Secara mekanis, Wuling Journey akan dilengkapi dengan mesin 1.5L natural aspirated yang menghasilkan 98 tenaga kuda. Mobil tersebut kabarnya menjadi satu-satunya pilihan mesin pikap baru yang dikawinkan melalui transmisi lima percepatan.

Wuling JourneyWuling Journey Foto: SGMW

Di sisi lain, SGMW mengklaim mesin tersebut lebih hemat bahan bakar dan sudah memenuhi peraturan emisi B6 di China.

Pikap Wuling Journey direncanakan bakal meluncur resmi dalam beberapa minggu mendatang, SGMW masih merahasiakan tanggal peluncurannya. Tapi, sebagai permulaan mobil pikap ini bakal dipasarkan di China, pada semester pertama tahun 2021.



Simak Video "5 Fitur Mobil Anti-mainstream Selama 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)