Mobil Listrik Mini Wuling Rp 60 Jutaan Laris Manis Bak Kacang Goreng

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Jan 2021 20:38 WIB
Wuling Hongguang Mini EV
Wuling Mini EV Foto: Wuling
Jakarta -

Wuling Hong Guang Mini EV jadi barang panas bak kacang goreng. Mobil listrik imut-imut itu mampu terjual ratusan ribu unit hanya 7 bulan sejak diluncurkan di China.

Dikutip dari InsideEV, Jumat (8/1/2021) Wuling Hong Guang Mini EV mampu terjual sebanyak 127.651 unit. Sekitar 68 ribu unit terdistribusi dua bulan jelang tutup tahun 2020.

Wuling Hong Guang Mini EV merupakan mobil empat penumpang dengan desain mini dan juga minimalis. Apa yang menjadi daya tarik utama mobil ini sehingga laris manis meski di tengah pandemi?

Yang pertama terkait harga. Wuling Hong Guang Mini EV dijual murah. Harga dasarnya adalah US$ 4.162 (sekitar Rp 62,4 juta) sementara versi tertinggi dilepas dengan bandeol US$ 5,607 atau sekitar Rp 82,1 juta.

Meski murah, bukan berarti Wuling Hong Guang Mini EV ini murahan. Standar keamanan mobil yang masuk jenis hatchback ini terbilang oke, meliputi rem anti-lock, sitem monitor untuk tekanan ban, serta sensor parkir. Untuk kelengkapan fitur lain ada juga AC, power windows, dan perangkat stereo.

Mobil listrik mungil ini dibekali motor elektrik bertenaga 27 dk. Tenaga disuplai oleh baterai compact 13,8 kWh.

Mobil listrik mungil ini hanya bisa menempuh kecepatan hingga 100 km/jam. Sekali ngecas, mobil listrik bisa menempuh 200 km. Angka itu lebih dari cukup untuk warga yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya hanya butuh jarak tempuh pendek.

Meski kecil, Wuling menyediakan tempat duduk untuk empat orang dewasa. Namun, jika untuk benar-benar menyimpan barang di bagasi, penggunanya harus melipat kursi belakang.

Untuk memasarkan dan menjual Hongguang Mini EV, perusahaan patungan SAIC-GM- Wuling membangun sekitar 100 dealer di China. Sebagian besar di antaranya berlokasi di kota yang sibuk untuk menarik minat sebanyak mungkin.

Kabarnya Wuling akan membawa produk ini ke beberapa negara di luar China. Salah satu yang akan dapat prioritas adalah wilayah Eropa dan Amerika Utara. Apakah akan masuk Indonesia juga?



Simak Video "Mobil Listrik Wuling di Bawah Rp 100 Juta Sudah Masuk Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)