Segini Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 23 Jan 2021 15:39 WIB
Mobil listrik Volkswagen (VW) ID.3 mulai memasuki jalur produksi. Mobil berjenis hatchback ini akan diproduksi di fasilitas perakitan Volkswagen di Zwickau, Jerman.
Ilustrasi Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

Pasar otomotif Indonesia mulai diramaikan oleh kendaraan ramah lingkungan jenis mobil listrik berbasis baterai. Mobil listrik itu sudah mulai mendapatkan hati di masyarakat Indonesia. Penjualannya pun mulai meningkat disbanding sebelum-sebelumnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ada beberapa mobil bertenaga listrik murni yang dijual di Indonesia. Berdasarkan data distribusi wholesales (dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo, memang penjualan mobil listrik belum begitu banyak. Namun, setidaknya masyarakat Indonesia sudah mulai memilih kendaraan listrik sebagai pilihannya.

Harga yang masih tinggi membuat penjualan mobil listrik di Indonesia belum begitu banyak. Saat ini, mobil listrik paling murah harganya sudah di atas Rp 600 jutaan. Sementara orang Indonesia kebanyakan beli mobil yang harganya di bawah Rp 300 juta.

Adalah mobil listrik Hyundai yang harganya paling murah. Saat ini, Hyundai menjual dua model mobil listrik, yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV. Seberapa banyak penjualannya?

Masih mengacu pada data Gaikindo, Hyundai Ioniq EV di Indonesia terjual sebanyak 81 unit selama tahun 2020. Itu termasuk unit Hyundai Ioniq EV yang dipakai oleh Grab.

Ototest Hyundai IoniqOtotest Hyundai Ioniq Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Sementara Kona EV penjualannya tercatat sebanyak 38 unit pada tahun 2020.

Soal harga, Hyundai Ioniq Electric dijual dengan harga Rp 637-Rp 677 juta. Sementara Hyundai Kona EV dijual seharga 697 juta.

Tak cuma Hyundai, mobil listrik yang dijual di Indonesia ada juga dari BMW. BMW Indonesia telah menjual mobil listrik mungil BMW i3s. Menurut data Gaikindo, BMW i3s terjual sebanyak 5 unit pada 2020. BMW i3s sendiri dijual dengan harga Rp 1,3 miliaran.

Terakhir ada Lexus UX 300e. Mobil listrik yang diboyong oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) itu terjual sebanyak 1 unit pada 2020. Mobil ini harganya juga sudah miliaran rupiah.

Sementara itu, data Gaikindo tidak mencatat seberapa banyak mobil listrik Tesla terjual di Indonesia. Sebab, distributor Tesla di Indonesia bukan merupakan anggota Gaikindo.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)