Segini Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 20 Jan 2021 08:37 WIB
Toyota Prius Plug-in Hybrid electric vehicle
Toyota sudah memiliki line up mobil ramah lingkungan di Indonesia. Segini penjualannya. Foto: Toyota
Jakarta -

Kendaraan ramah lingkungan sudah mulai dijual di Indonesia. Teknologi mobil hybrid, plug-in hybrid, bahkan mobil listrik berbasis baterai sudah diminati oleh banyak konsumen otomotif di Indonesia.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat ini sudah menjual beberapa mobil dengan sentuhan elektrifikasi. Tahun 2020 lalu, Toyota menghadirkan mobil plug in hybrid electric vehicle (PHEV) bekerjasama dengan perusahaan taxi online dengan menggunakan Toyota Prius PHEV. Selain itu, Toyota menghadirkan tambahan pilihan hybrid baru dengan harga yang lebih kompetitif, yaitu Corolla Cross HEV. Menutup tahun 2020, Toyota meluncurkan mobil listrik berbasis baterai Lexus UX300e.

Termasuk tiga mobil ramah lingkungan tersebut, Toyota saat ini telah memiliki 10 line up kendaraan elektrifikasi. Itu terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

Seberapa banyak peminatnya? Toyota menyebut, secara total sejak awal diperkenalkan hingga Desember 2020, mobil elektrifikasi Toyota sudah dikirim lebih dari 3.400 unit ke garasi konsumen di Indonesia.

Mobil Hybrid ToyotaMobil Hybrid Toyota Foto: M Luthfi Andika

Dilaporkan, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota naik setiap tahunnya. Pada 2009, ketika Toyota menjual mobil hybrid pertama kali di Indonesia, penjualan kendaraan ramah lingkungan hanya dua unit per bulan. Pada 2015, meningkat menjadi rata-rata 15 unit per bulan. Sementara di tahun 2020, meningkat signifikan menjadi rata-rata 86 unit per bulan.

"Kami melihat pelanggan semakin memahami pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi sebagai salah satu pilihan sarana mobilitas. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk tidak hanya terus menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV), tapi juga membangun ecosystem agar lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya.

Dikutip dari laman resmi Toyota-Astra Motor, mobil hybrid Toyota paling murah saat ini adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. SUV berteknologi hybrid itu harganya Rp 510.580.000 on the road Jakarta per 1 Januari 2021.

Selanjutnya ada Toyota C-HR Hybrid yang dibanderol Rp 559.140.000, Corolla Altis Hybrid Rp 591,6 juta, dan Camry Hybrid Rp 848,5 juta. Sementara Prius PHEV saat ini digunakan untuk taksi online, belum dijual umum ke pasar retail.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)