Rumor Avanza Jadi Mobil Listrik, Begini Ramalan Wujudnya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 15 Jan 2021 13:52 WIB
desain avanza listrik
Desain Avanza Listrik Foto: instagram @nmaa_id
Jakarta -

Avanza merupakan mobil low MPV yang digemari masyarakat Indonesia. Di media sosial muncul desain digital Avanza menggunakan sumber tenaga listrik.

Hal ini bisa dilihat melalui akin instagram National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) --wadah dari seluruh pecinta modifikasi atau modifikator di Indonesia pada khususnya serta produk-produk aftermarket.

Desain digital Avanza listrik itu dibuat oleh Hans Autoworks. Secara tampilan tidak banyak berubah. Warnanya dual tone, hijau tosca dan hitam.

Perbedaan lain yang terlihat yakni bagian grill yang menghilang --karena tak lagi menggunakan mesin--, dan terdapat tempat colokan di depan bagian kanan, mirip-mirip dengan charging Kona Electric, yang juga memiliki lubang pengisian listrik di moncong mobil.

[Gambas:Instagram]



Meski demikian, itu merupakan desain digital. Avanza saat ini masih dijual menggunakan mesin bensin 1.300 cc dan 1.500 cc (Veloz).

Seperti diketahui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memulai produksi mobil hybrid pada tahun 2022. Modelnya pun masih rahasia.

Tapi disebut jenis mobil yang akan diproduksi nanti akan mengambil dari pangsa pasar yang laris di pasaran. Kalau menerka-nerka ada beberapa model, yakni Avanza, Ayla, atau Innova.

"Jadi kembali lagi seperti yang saya sampaikan, 2022 kita mulai produksi mobil listrik, yaitu hybrid. Ada dua alternatif, membuat model yang baru sama sekali, atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada," jelas Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam.

"Kalau kita mempertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kita meng-hybrid-kan model yang ada. Sehingga kita bisa menjaga supply chain tetap ada, dan teknologi baru bisa kita adopsi. Apalagi kalau model tersebut sudah diterima di pasar ekspor, jadi sekaligus kan untuk domestik dan pasar ekspor. Ya teman-teman sudah bisa baca lah, kira-kira itu model yang mana," tambahnya lagi.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)