Kata Toyota Soal Avanza Tidak Lagi Jadi Mobil Terlaris 2020 Kemarin

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 18 Jan 2021 14:44 WIB
PT Toyota-Astra Motor kembali menggelar Sebangsa Festival di kota Bandung. Beragam hiburan menarik turut ditampilkan dalam gelaran acara tersebut.
Ilustrasi Toyota Avanza Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Cukup mengejutkan Toyota Avanza tak lagi menjadi kendaraan terlaris di Indonesia berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), karena seperti yang diketahui sejak 2006 Toyota Avanza selalu berada diposisi pertama sejak 2006.

Tapi yang menjadi catatan data Gaikindo yang ada merupakan data Wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer/angka suplay dari ke dealer), seperti yang disampaikan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi kepada detikOto, untuk penjualan Retail Sales atau penjualan dari dealer ke konsumen, Toyota Avanza mengalami peningkatan.

"Ya perlu edukasi ke masyarakat, yang perlu diperhatikan adalah angka Retail Sales (RS), Toyota Avanza Retail Sales mengalami peningkatan dari 32,4 persen ke 37,5 persen. Selain itu secara market share Avanza naik, Whole sales adalah angka supply ke dealer yang tidak menggambarkan kompetisi," kata Anton menanggapi.

Anton juga menjelaskan retail sales Toyota Avanza di 2020 mencapai 40.728 unit. Berdasarkan data yang ada angka Toyota Avanza ini mengambil kontribusi 22,3% dari total penjualan Toyota pada 2020.

Toyota Avanza BandungIlustrasi Toyota Avanza Bandung Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom

Melihat rekam jejak penjualan Toyota Avanza sepanjang 2020, mobil ini sebenarnya masih menguasai pasar Indonesia di awal tahun. Tepatnya pada tiga bulan pertama, sebelum pandemi datang dan PSBB diberlakukan. Dari Januari sampai Maret, Toyota Avanza merajai penjualan mobil dengan berturut-turut menjual sejumlah 6.600 unit, 7.082 unit, dan 7.086 unit.

Namun di April, Toyota Avanza turun ke posisi tujuh dengan angka penjualan cuma 277 unit. Itu kemudian berlanjut ke bulan Mei, saat total penjualan hanya berjumlah 91 unit.

Malah dari Juli sampai Agustus, Toyota Avanza tak masuk daftar 10 mobil paling laris bulanan yang datanya disampaikan Gaikindo. Avanza baru kembali masuk 10 besar di September dengan angka 1.988 unit (posisi 8).

Memasuki Oktober, penjualan Toyota Avanza kembali naik ke angka 2.891 (urutan 5). Sementara pada November masih bertahan di posisi lima meski jumlah penjualan naik menjadi 3.453 unit. Dan pada Desember 2020 Toyota menjual Avanza sebanyak 3.871 unit.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)