Ford Tutup Pabrik di Brazil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 18:38 WIB
Ford GT 2020
Ford menutup pabrik di Brazil. Foto: Ford
Jakarta -

Merek otomotif asal Amerika, Ford, kembali cabut dari salah satu pasar. Setelah hengkang dari Indonesia, Ford juga memutuskan menutup pabrik di Brazil.

Ford mengumumkan bahwa mereka merestrukturisasi operasi mereka di Amerika Selatan. Pabrikan yang bermarkas di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat itu menutup pabrik Camaçari, Taubaté dan Troller di Brazil.

Produksi mobil di Camaçari dan Taubaté dilaporkan bakal segera disetop. Namun, produksi suku cadang akan tetap berlanjut selama beberapa bulan untuk menambah persediaan purnajual.

Sementara pabrik Troller di Horizonte akan ditutup para kuartal keempat. Artinya, Ford tidak lagi menjual EcoSport, Ka dan T4 setelah stoknya habis.

Ford tidak mengatakan berapa banyak pekerja yang akan terpengaruh. Tapi, pabrik Camaçari mempekerjakan sekitar 4.600 orang. Demikian pula, sekitar 1.370 orang bekerja di pabrik mesin Taubaté.

Ford mencatat, pandemi COVID-19 memperkuat alasan hengkang dari Brazil. Industri tidak bergerak selama pandemi dan penjualan pun melambat sehingga mengakibatkan kerugian yang signifikan selama bertahun-tahun.

Namun, Ford memastikan tidak sepenuhnya meninggalkan Brazil. Sebab, mereka akan mempertahankan pusat pengembangan produk mereka di Bahia, proving ground di Tatuí serta kantor pusat regional mereka di São Paulo.

"Dengan lebih dari satu abad di Amerika Selatan dan Brazil, kami tahu ini adalah tindakan yang sangat sulit, tetapi perlu, untuk menciptakan bisnis yang sehat dan berkelanjutan," kata CEO Ford Jim Farley.

"Kami beralih ke model bisnis yang ramping dan ringan dengan menghentikan produksi di Brasil dan melayani pelanggan dengan beberapa kendaraan terbaik dan paling menarik dalam portofolio global kami."



Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)