Nissan Magnite Pede Pakai Mesin 1.000 cc Turbo, Memang Keunggulannya Apa?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 13 Jan 2021 11:48 WIB
Nissan Magnite
Nissan Magnite. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Nissan Magnite dijual di Indonesia dengan pilihan mesin 1.000 cc turbo. Mesin jenis ini memang masih jarang digunakan di segmen SUV kompak 5-seater. Lalu apa yang membuat Nissan percaya diri menyematkan mesin 'mungil' itu di mobil SUV terbarunya?

"Jadi untuk Magnite hanya kita tawarkan dalam satu pilihan mesin, yaitu mesin 1.0 liter turbo untuk pasar Indonesia. Kami memandang bahwa mesin ini sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia," buka Nissan Representative Director, Bagus Susanto, dalam Virtual Media Briefing 'All-New Nissan Magnite' (12/1).

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Luthfi Anshori

Menurut Bagus, mesin Nissan Magnite, 1.000 cc 3 silinder yang dikombinasikan dengan HRAO Turbo, memiliki performa yang besar, responsif, dan juga memiliki torsi yang terbaik di kelasnya.

"Untuk tipe manual torsinya mencapai 160 Nm, dan untuk CVT torsi maksimumnya 152 Nm. Dengan torsi yang besar di rpm rendah, Nissan Magnite siap untuk berakselerasi, lincah di jalan, baik untuk take off, maupun saat pengemudi melakukan overtake," sambung Bagus.

Lanjut Bagus menjelaskan, konsumen di Indonesia tidak mempersoalkan mobil berkapasitas cc rendah atau cc besar. Tapi konsumen membutuhkan mobil yang bertenaga, responsif, tapi sekaligus irit bahan bakarnya.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Luthfi Anshori

"Dan hal inilah yang kami penuhi lewat Nissan Magnite dengan mesin 1.0 liter turbo. Mobil ini punya power maksimum hingga 100 PS namun mempunyai torsi maksimum yang terbaik di kelasnya. Dan ini cukup penting," jelasnya.

Selain itu, kendati Nissan Magnite dibekali mesin 1.000 cc. Namun untuk fitur keamanan dan keselamatannya sudah sangat lengkap. Ada Nissan Magnite punya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), serta Hill Start Assist (HSA).



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)