Canggih Banget, Mercedes-Benz Bikin Layar Digital yang Nempel di Dasbor Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 10 Jan 2021 12:48 WIB
MBUX Hyperscreen Mercedes-Benz
Foto: Mercedes-Benz. MBUX Hyperscreen Mercedes-Benz.
Jakarta -

Sistem infotainment pada mobil telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun belakangan. Terbaru, Mercedes-Benz dikabarkan sedang mengembangkan sebuah sistem infotainment canggih bernama MBUX Hyperscreen. Teknologi ini dipamerkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut di pameran CES (Consumer Electronics Show) 2021.

Dikutip dari Indianautosblog, teknologi MBUX Hyperscreen menggunakan layar lengkung ultra-lebar 56 inci yang menyebar di seluruh bagian dasbor. Mobil pertama yang akan dilengkapi dengan Hyperscreen ini adalah sedan mewah EQS listrik.

MBUX Hyperscreen memiliki tiga layar terpisah, meliputi cluster instrumen pengemudi, sistem infotainment utama di tengah bersama dengan tambahan layar untuk penumpang depan.

MBUX Hyperscreen didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan menawarkan beberapa pilihan konektivitas di seluruh smartphone dan perangkat nirkabel.

Anda dapat menggunakan perangkat ini untuk menjalankan berbagai fungsi kendaraan seperti mengunci/membuka kunci pintu, mendinginkan kabin, dan fungsi infotainment.

MBUX Hyperscreen menggunakan panel layar OLED dan akan menampilkan skema warna biru/oranye secara keseluruhan. Layar ini terdiri dari tiga lapisan dengan 12 aktuator ditempatkan di bawah layar. Sistem ini didukung CPU 8 inti, RAM 24-gigabyte, dan bandwidth RAM 46,4 Gbps.

Mercedes sekarang sedang bersiap meluncurkan EQA, SUV kompak listrik pertama mereka, yang kemudian akan diikuti oleh sedan mewah EQS pada paruh pertama tahun 2021. Di sinilah teknologi MBUX Hyperscreen dipamerkan untuk pertama kali.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz pertama kali meluncurkan MBUX (Mercedes-Benz User Experience) pada 2018 di model A-Class dan telah ditawarkan di setiap kendaraan keluaran Mercedes-Benz sejak saat itu.

Mercedes baru-baru ini juga sudah meluncurkan MBUX generasi kedua dengan kemampuan pembelajaran preferensi di model S-Class baru.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)