Crazy Rich Inggris Akuisisi Pabrik Mercedes-Benz di Prancis, Bakal Ngebul 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 11 Des 2020 07:08 WIB
Fasilitas produksi di Hambach, Prancis
Fasilitas produksi di Hambach, Prancis Foto: INEOS Automotive
Jakarta -

INEOS Automotive, perusahaan milik Jim Ratcliffe --pria terkaya kelima di Inggris dengan total kekayaan lebih dari $ 20 miliar ini bersiap untuk produksi mobil. Merek otomotifnya disebut telah mengakuisisi pabrik Mercedes-Benz di Hambach, Prancis.

Mobil pertama yang bakal diproduksi di fasilitas tersebut adalah SUV 4x4 Grenadier . Rencananya pabrik mulai ngebul pada akhir 2021.

GrenadierGrenadier Foto: INEOS Automotive

"Akuisisi ini menandai tonggak sejarah terbesar kami dalam pengembangan Grenadier. Seiring dengan program pengujian saksama yang saat ini berlangsung untuk kendaraan-kendaraan prototipe kami, kini kami dapat memulai persiapan di Hambach untuk memproduksi mobil 4X4 mulai akhir tahun depan untuk dikirim kepada pelanggan di seluruh dunia," ujar Dirk Heilmann, Chief Executive Officer INEOS Automotive dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Kamis (10/12/2020).

Untuk diketahui, Mercedes-Benz hanya melepas aset manufaktur di Hambach, Prancis. Fasilitas itu tetap digunakan untuk memproduksi mobil mungil Smart EQ Fortwo, yang akan terus diproduksi oleh INEOS bersama Grenadier berdasarkan kontrak manufaktur--tidak disebutkan seberapa besar nilai akuisisinya--. Namun INEOS menyebutkan dengan rencana produksi Grenadier, bakal tercipta sekitar 1.300 lowongan pekerjaan di Hambach.

Sebagai salah satu pabrik produksi otomotif modern di Eropa, Hambach memiliki tenaga kerja berpengalaman, jejak rekam pabrikan Mercedes-Benz karena kualitas hasil produksinya. Selain itu, lokasi pabrik di perbatasan Prancis-Jerman yang hanya berjarak 200 km dari Stuttgart, punya akses lebih mudah ke rantai pasokan.

Saat ini Grenadier saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Pengujian prototipe sedang dalam akumulasi jarak 1,8 juta kilometer selama satu tahun ke depan. INEOS tetap dengan rencananya menghadirkan Grenadier ke pelanggan pada awal 2022. Pada awal pertengahan tahun 2020, INEOS sempat merilis tampilan Grenadier, yang diprediksi bakal bersaing dengan mobil SUV kekar lain, seperti Jeep dan Land Rover.



Simak Video "Tantang Pajero dan Fortuner, Nissan Terra Terbaru Hadir di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)