6 Mobil Listrik yang Dapat 'Bonus' di DKI Jakarta

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 10 Des 2020 16:46 WIB
BMW i3s resmi diperkenalkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2019 lalu. Kami pun berkesempatan mencoba city car dengan tenaga yang sepenuhnya listrik itu.
Ilustrasi berkendara mobil listrik Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

DKI Jakarta memberikan insentif untuk kendaraan listrik murni (battery electric vehicles/BEV). Tercatat baru ada enam model mobil BEV yang bisa mendapatkan keistimewaan di Jakarta.

Bonus bagi mobil listrik di Ibu Kota tercantum dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Pergub itu diundangkan pada 15 Januari 2020 dan berlaku hingga 31 Desember 2024.

Dengan demikian sejak diundangkan pada 15 Januari 2020, Bea Balik Nama yang meliputi segala kegiatan jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, kendaraan motor berbasis listrik, baik roda empat maupun roda dua, diberikan pembebasan pajak bea balik nama untuk wilayah DKI Jakarta.

Adapun ketentuannya sebagai berikut :

1. Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai tidak dikenakan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)
2. Tidak berlaku bagi kendaraan jenis hybrid atau semi listrik lainnya
3. Kebijakan ini adalah bagian dari 7 inisiatif Jakarta untuk Udara Bersih Jakarta (Ingub No 66 Tahun 2019)
4. Pembebasan pajak berlaku untuk kendaraan hasil jual beli, tukar menukar, hibah atau warisan.

[Gambas:Instagram]



Selain itu, mobil-mobil listrik ini juga mendapat keistimewaan lain, yakni kebal ganji-genap. Lalu mobil BEV apa saja yang bisa dibeli warga DKI Jakarta?

1. Hyundai Ioniq

Saat ini, mobil listrik yang paling murah di Indonesia adalah mobil listrik dari Hyundai. Hyundai baru saja meluncurkan dua mobil listriknya, yaitu Hyundai Ioniq.

Powertrain dari Hyundai Ioniq menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Ototest Hyundai IoniqOtotest Hyundai Ioniq Foto: Rangga Rahadiansyah

Jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Lebih lanjut Hyundai Ioniq ini juga bisa dicharging di rumah (standar) dari titik nol hingga 100 persen memakan waktu 17 jam 30 menit, AC Charging 6 jam 5 menit.

Ioniq hadir dalam dua varian, yakni Prime dan Signatur. Hyundai Ioniq Prime dijual dengan harga Rp 624,8 juta dan Hyundai Ioniq Signature dibanderol Rp 664,8 juta.

2. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Hyundai Kona Electric diluncurkan bersamaan dengan Ioniq. Bedanya Kona Electric punya daya jelajah lebih jauh dan bergaya SUV.

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan menumpahkan torsi 395Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

KONA Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red, dengan harga Rp 674.800.000 (OTR Jakarta dan untuk kepemilikan mobil pertama).

3. BMW i3s

BMW i3s resmi diperkenalkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2019 lalu. Kami pun berkesempatan mencoba city car dengan tenaga yang sepenuhnya listrik itu.BMWi3s Foto: Rifkianto Nugroho

Model selanjutnya ialah BMW i3s. Mobil dengan desain compact ini menggunakan motor listrik bertenaga 170 daya kuda dengan torsi maksimal 250 Nm. Motor listrik digabungkan dengan transmisi otomatis single speed dengan fixed ratio.

BMW i3s dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 7,2 detik. Konsumsi energinya hanya 11,9 kWh/100 km. Tenaga listrik disimpan di baterai lithium-ion 27,2 kWh.

Di Indonesia BMW i3 sudah dapat menjadi alat transportasi pribadi anda apabila mau membelinya dengan harga Rp 1.309.000.000 off the road Jakarta.

4. Tesla Model 3

Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.Tesla Model 3 Foto: Pradita Utama

Tak ketinggalan, mobil perusahaan Elon Musk pun sudah bisa dilego masyarakat Jakarta. Namun distribusinya masih melalui importir umum, salah satunya Prestige Image Motorcars.

Tesla Model 3 di Indonesia dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Banyak kalangan artis yang sudah memboyong mobil ini, Ashanty misalnya.

Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Klaimnya, Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Mobil listrik Tesla di Indonesia diimpor oleh salah satu importir mobil mewah yang berbasis di Pluit, Jakarta Utara, Prestige Image Motorcars. Importir itu tak menyebutkan rincian harga namun memberikan kisaran harga Tesla Model 3 berada di angka Rp 1 miliaran.

5. Tesla Model S P100D

Tesla Model S di IIMS 2017Tesla Model S Foto: Dina Rayanti

Selain model entry level, Prestige Image Motorcars juga menjual Tesla Model S. Mobil listrik berperforma tinggi, untuk encapai kecepatan 100 km/jam mobil ini hanya butuh waktu 2,5 detik saja. Tesla Model S dengan baterai 60 kWh mampu menjangkau jarak tempuh hingga 334 km. Sementara 85 kWh mencapai 426 km serta 85 kWh Performance bisa sampai 407 km.

Untuk pengecasan baterai, listrik yang dibutuhkan adalah sebesar 10.000 watt. Masa pengisian dari kondisi baterai konsong sekitar 8-10 jam. Mobil yang juga dipasarkan oleh Prestige Image Motorcars ini memiliki harga mulai dari Rp 4 miliar.

6. Tesla Model X

Mobil listrik Tesla Model X turut dihadirkan dalam peluncuran Stasiun Pengisian Listrik di BPPT Jakarta, Rabu (5/12/2018).Tesla Model X Foto: Rifkianto Nugroho

Satu lagi mobil listrik yang Tesla pasarkan di Indonesia adalah Tesla Model X. Mobil bergaya SUV ini memiliki keunikan dari jenis pintu baris kedua bergaya gulwing. Tesla Model X yang varian 75D diklaim dapat berlari dari diam ke kecepatan 100 kpj dalam waktu 6 detik. Sementara itu kecepatan mobil ini akan mentok di angka 210 km/jam.

Harga mobil ini juga sekitaran harga Tesla Model S di Indonesia, yaitu mulai dari Rp 4 miliaran.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)