5 Merk Mobil Terpopuler Sepanjang Tahun 2020

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 31 Des 2020 19:14 WIB
Aneka Logo Mobil, toyota, bmw, alpina, datsun, nissan
Merek mobil terpopuler tahun 2020 Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Tahun 2020 akan segera berakhir, merek-merek mobil apa saja yang paling diminati dan populer di mata pembaca detikcom?

detikcom merilis data yang dirangkum dalam 'Year in Review 2020'. Dalam data itu menunjukkan 5 merek terpopuler selama tahun 2020 yang paling banyak dibaca oleh pembaca detikcom.

Urutan pertama ada Toyota, memang merek ini rajin mengeluarkan produk baru meski industri otomotif tengah lesu akibat wabah corona. Tercatat ada 13 model yang dikeluarkan Toyota di sepanjang tahun 2020, yakni Februari: New Alphard dan Velffire, New Agya, Maret: Prius PHEV, Toyota Agya, Agustus: Corolla Cross, New Toyota Hilux, Kijang Innova, Toyota Sienta Welcab, September: New Toyota Yaris, New Supra GR, Oktober: New Fortuner, dan November: Lexus UX 300e.

Merek mobil kedua ditempati Honda. Meski pabrikan mobil ini tak serajin kompetitornya. Honda Prospect Motor (HPM) tercatat satu kali menyegarkan Honda Civic Hatchback RS pada Februari lalu.

Lanjut ke tempat ketiga, ada Nissan. Seperti diketahui salah satu berita yang populer dari merek tersebut ialah kabar penutupan pabrik Nissan di Purwakarta. Selain itu, Nissan juga tetap merilis mobil-mobil anyar, yakni Nissan Kicks e-Power pada September, dan Nissan Magnite (Desember).

Sedangkan di posisi empat ditempati Suzuki. Selain kabar inden Suzuki Jimny yang mengular hingga bertahun-tahun. Sejak awal tahun, Suzuki berusaha mendobrak pasar Low SUV dengan mengenalkan Suzuki XL-7 di bulan Februari. Tak berhenti di situ, Suzuki kemudian memberikan penyegaran pada Suzuki Ignis pada April, dan pada Oktober meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R Edisi Spesial.

Di posisi kelima yang menarik oleh pembaca detikcom diisi oleh brand mewah asal Jerman, BMW.

Seperti diketahui BMW Group Indonesia memperkenalkan kendaraan BMW dan MINI edisi spesial dalam jumlah terbatas dan penawaran istimewa yang hanya tersedia di bulan Agustus 2020, yakni BMW 520i M Sport Edition 75 dengan logo Indonesia Maju pada LED projector dan center console.

Sedangkan MINI Indonesia menghadirkan MINI John Cooper Works GP dengan kode produksi 0075 ke Indonesia. Selain itu, banyak berita BMW bahwa penjualan merek ini tidak terdampak pandemi.

Berikut ini 5 Top merek mobil berdasarkan jumlah pembaca:

Toyota: 4.130.000 pembaca
Honda: 2.145.096 pembaca
Nissan: 1.662.914 pembaca
Suzuki: 1.509.813 pembaca
BMW: 1.423.416 pembaca



Simak Video "Rewind Blak-blakan 2020: Pandemi, Korupsi, hingga TKI Bebas Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)