Spesifikasi SUV Murah Nissan Magnite: Fitur, Mesin, dan Harga

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 21 Des 2020 17:44 WIB
Nissan Magnite, SUV mungil yang Mirip Datsun
Nissan Magnite Foto: Dok. Nissan
Jakarta -

Nissan Magnite resmi meluncur di Indonesia, Senin (21/12). Ini jadi mobil SUV murah yang diperkenalkan Nissan pertama kali untuk pasar Indonesia.

Kehadiran Nissan Magnite diharapkan bisa memperkuat eksistensi merek Nissan di Indonesia. Apalagi sejak pabriknya tak lagi beroperasi di Purwakarta, Indonesia.

Bicara kompetitor, Magnite diprediksi bakal bersaing dengan DFSK Glory 560 yang dijual mulai dari Rp199,5 juta - Rp249,5 juta. Juga pendatang baru Kia Sonet yang dijual mulai Rp193 juta - Rp289 juta.

Hadir sebagai pemain baru di segmen SUV kompak 5 penumpang, Nissan Magnite memiliki keunggulan dalam hal dimensinya yang mungil serta desainnya yang unik, serta banyak fitur dan teknologi terkini. Berikut ini ulasannya yang redaksi detikOto rangkum.

Desain

Dari segi tampang, sejak pertama kali dimunculkan versi konsepnya, tampilan Nissan Magnite mengingatkan kita kepada mobil Datsun. Grille depan berbentuk heksagonal yang mengingatkan dengan Datsun GO Panca yang produknya sudah disuntik mati di Indonesia.

Tampilan makin agresif berkat bentuk headlamp yang punya shape tajam dan dibekali LED berbentuk L dan garis DRL di lampu depan dan di atas foglamp. Grille-nya tampil dominan dengan logo merek baru Nissan di bagian tengah yang pertama kali digunakan pada produk Nissan di Indonesia.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Dari samping, kesan SUV pada Nissan Magnite makin terpancar berkat penggunaan pelek dual tone berukuran 16 inch. Serta kehadiran roof rail fungsional pada atap.

Di bagian belakang, lampu belakang lebar model terpisah juga menghadirkan kesan modern.

Nissan diketahui punya kapasitas 5 penumpang. Ada beberapa kelebihan seperti dengan kehadiran panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display. Panel instrumen menawarkan tampilan modern dan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi, termasuk tampilan 'animasi selamat datang' yang pertama di kelasnya.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Mobil ini juga menempatkan kendali di ujung jari Anda dengan lingkar kemudi multifungsi dengan pengaturan cruise control serta kehadiran fitur infotainment dengan layar sentuh 8 inci yang dapat terhubung ke ponsel pintar. Dan mempertegas Nissan Magnite sebagai salah satu SUV modern di kelasnya, penggunaan kunci smart keyless dipadukan dengan kehadiran tombol Start-Stop memberikan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Mesin

All-new Nissan Magnite didukung oleh mesin HRAO 1.0 liter turbocharged terbaru yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 100 PS dan torsi maksimum hingga 160 Nm.

Mesin HRAO TURBO ini menggunakan teknologi "mirror bore cylinder coating" yang juga digunakan Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Mesin ini tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan X-TRONIC CVT. Nissan menyebut Mesin HRA0 1.0 liter Turbo ini memberikan akselerasi hingga 50% lebih baik dibandingkan mesin non-turbo di kelasnya.

Dimensi

Magnite merupakan SUV yang punya ukuran lebih ringkas dari Nissan Kicks Power. Di atas kertas Nissan Magnite berdimensi panjang 3,994 mm, lebar 1,758 mm, tinggi 1,572 mm, wheel base 2,501 mm. Kesan mobil SUV semakin dipertegas berkat ground clearance setinggi 205 milimeter (tanpa beban).

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Fitur

Nissan Magnite telah dilengkapi teknologi canggih seperti Nissan Intelligent Mobility (NIM), lalu ada Around View Monitor yang menyajikan tampilan mobil seperti bird's eye view di layar monitor.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Untuk urusan keselamatan, Nissan Magnite punya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA).

Fitur lainnya ada pengunci pintu dengan sensor kecepatan, central lock, dual SRS airbag, sabuk pengaman pretension & load limiter untuk pengemudi dan penumpang. Selain itu, mobil ini juga punya Vehicle Dynamic Control (VDC) yang akan meningkatkan stabilitas mobil saat dikendarai.

Harga dan varian

Nissan Magnite hadir dengan opsi warna two-tone yang membuatnya unik dengan pilihan warna Flare Garnet Red & Onyx Black serta Pearl White & Onyx Black. Sementara untuk pilihan warna one -tone, Nissan menyediakan tiga pilihan warna klasik yaitu Blade Sliver, Onyx Black dan Storm White.

Nissan Indonesia menawarkan dalam tiga varian, berikut daftar harganya:

- All-new Nissan Magnite - Upper MT Rp 208.800.000,-
- All-new Nissan Magnite - Premium MT Rp 226.300.000,-
- All-new Nissan Magnite - Premium CVT Rp 238.800.000,-



Simak Video "Perkenalkan Nissan Magnite SUV Murah Bermesin Turbo"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)