Menguji Kemampuan Nanjak DFSK Glory 580, Bagaimana Hasilnya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 11 Des 2020 06:35 WIB
DFSK Glory 580 di Tanjakan
Menguji kemampuan nanjak DFK Glory 580 (Dok. DFSK)
Jakarta -

Tujuh orang konsumen DFSK Glory 580 mengajukan tuntutan hukum lantaran mobil yang mereka miliki gagal nanjak. detikOto menguji langsung SUV terebut pada lintasan menanjak. Bagaimana hasilnya?

Redaksi detikOto diundang PT Sokonindo Automobile untuk mencoba unit DFSK Glory 580 1.500 Turbo CVT milik tim marketing mereka. Mobil ini bukan dalam keadaan baru, dari odometer tercatat mobil telah menempuh jarak lebih dari 30.000 km.

DFSK Glory 580DFSK Glory 580DFSK Glory 580 milik DFSK Indonesia yang kami coba. (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

Kami mencobanya di salah satu tanjakan parkiran mal di Jakarta Utara. Dari pengujian bersama DFSK Indonesia ini kami bisa membuktikan apakah memang semua unit DFSK Glory 580 1.500 Turbo CVT benar-benar sulit menanjak?

Kondisi pengujiannya kurang lebih kami samakan. Yakni dengan lima orang penumpang, menggunakan mode transmisi S dengan gear 1, dan simulasi stop and go di tengah tanjakan. Kami menggunakan DFSK Glory 580 1.500 cc turbo CVT milik DFSK Indonesia beberapa kali di tanjakan parkiran mal tersebut.

Percobaan pertama, mobil yang saya kemudikan langsung kami rem di tengah tanjakan. Fitur Hill Hold Control bekerja dengan baik. Ketika kaki berpindah dari pedal rem ke pedal gas, mobil masih menahan untuk tidak mundur.

Perlahan gas mulai kami injak. Percobaan pertama mobil berhasil menanjak, meski memang kami menilai mobil DFSK Glory 1.500 cc Turbo CVT milik DFSK Indonesia ini agak lama merespons dari pedal gas diinjak sampai mobil melaju. Dan memang terasa agak berat.

Percobaan kedua kami lakukan dengan cara yang sama. Hasilnya mobil masih bisa melaju di tanjakan. Begitu juga dengan percobaan stop and go ketiga kalinya, mobil tak sampai meluncur ke bawah seperti yang terjadi pada DFSK Glory 580 1.5 Turbo CVT milik konsumen yang menggugat DFSK Indonesia.

"Kalau dari kami, kami belum menerima salinannya (data gugatan yang diajukan konsumen). Nanti dari tim kami setelah menerima salinan data dan clear untuk data customer, dealer mana, unitnya apa itu akan jelas setelah kami menerima salinan ini. Makanya untuk saat ini kami belum bisa memberikan penyataan mengenai investigasi lebih lanjut karena belum menerima salinan dari pengadilan, dan kami belum dapat detail datanya," ujar PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, saat ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (10/12/2020).



Simak Video "Mobil China DFSK I-Glory Auto: Harga Manusiawi, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)