Ridwan Kamil Pajang Foto Jadul Zaman SMP, Motubanya Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 13:05 WIB
Pose Ridwan Kamil di belakang mobil tua
Pose Ridwan Kamil di belakang mobil tua Foto: Instagram @ridwankamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali bernostalgia. Kali ini ia mengenang masa-masa remaja kala menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sisi lain yang tak bisa lepas darinya adalah otomotif, pun dengan foto tersebut.

Kang Emil, sapaan akrabnya berpose di belakang motuba --panggilan untuk mobil jadul yang sudah berumur tua. Mobil itu pun mengundang perhatian warganet.

"Zaman SMP. Zaman wajib hapal semua nama menteri kabinet, buku Lupus dan sinetron Return To Eden. Rambut mah udah gomplok dari dulunya. Tampangnya tuir-tuir mirip kepsek jika dibandingkan anak SMP zaman sekarang," tulis Ridwan Kamil di akun instagram pribadinya seperti dilihat detikcom, Rabu (2/12/2020).

Di kolom komentar pun terlihat beberapa warganet mengomentari jenis mobil yang dipakai background foto masa muda Ridwan Kamil tersebut.

"Kijang memang melegenda," komen seorang warganet.

"Kijang Rover," tulis salah satu warganet.

"Itu Kijang Super bukan Rover," timpal yang lainnya.

[Gambas:Instagram]



Kijang boleh dibilang salah satu mobil Toyota yang sudah melegenda. Kiprah mobil ini sudah dimulai di tahun 1975 lalu, saat diperkenalkan di Jakarta Fair.

Toyota Kijang memiliki 4 unsur senjata seperti ekonomis, performa, tangguh dan serbaguna. Maka itu pada tahun 1981 munculah generasi kedua yang hadir dengan bodi yang lebih halus dan beberapa perubahan pada eksteriornya.

Kijang Generasi ketiga yang diluncurkan pada 1986 bisa dikatakan menjadi titik tolak perjalanan Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia. Tak hanya hadir dengan bentuk yang lebih halus, Kijang yang dijuluki Super ini juga dilengkapi dengan teknologi full pressed body. Dikenal ada dua model yakni short wheelbase (KF40 series) dan long wheelbase (KF50 series), seri selanjutnya dikenal dengan Standard Kijang dan Super Kijang.

Toyota melalui sistem Full Pressed Body melahirkan beberapa model anyar lain mulai dari Kijang Rover, Kijang Jantan, dan Kijang Kencana.

Lalu berlanjut pada tahun 1997 di mana lahir Toyota Kijang generasi keempat dikenal dengan istilah Kijang Kapsul. Tampilannya semakin modern dengan perubahan besar pada bentuk wajah dan body yang lebih membulat.

Pada tahun 2004 menjadi era baru dalam kisah Toyota Kijang dimana Kijang Generasi Kelima, Kijang Innova hadir layaknya MPV modern dan sama sekali tidak tercermin karakter niaga yang sangat lekat dengan Kijang pendahulunya.



Simak Video "RK Tutup Waterboom Lippo Cikarang Gegara Bikin Kerumunan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)