Jangan Heran, Kapal Pengangkut Raksasa Ini Pakai Bahan Bakar Minyak Goreng Bekas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 30 Nov 2020 19:45 WIB
Kapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng Bekas
Kapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng Bekas. Foto: Dok. Volkswagen.
Wolfsburg -

Dunia saat ini membutuhkan alat transportasi yang ramah lingkungan. Berbagai terobosan dilakukan untuk menekan emisi gas buang dari kendaraan. Termasuk dari kapal pengangkut mobil.

Volkswagen punya caranya sendiri untuk menangani hal ini. Volkswagen Group Logistics (VGL) menggunakan minyak goreng bekas untuk menggerakkan kapal yang mengangkut mobilnya.

Bahan bakar dari minyak goreng bekas itu telah bersertifikasi. Bahan bakar dari residu nabati dihasilkan dari bahan-bahan seperti minyak bekas dari restoran dan industri makanan.

Awal bulan ini, kapal pengangkut mobil pertama dengan bahan bakar dari minyak goreng bekas telah berlayar. Nanti, kapal kedua yang menggunakan minyak goreng bekas akan dioperasikan pada awal 2021.

"Kami adalah produsen mobil pertama yang menggunakan bahan bakar ini secara luas. Dengan cara ini, kami menggunakan kembali limbah minyak dengan cara yang ramah lingkungan. Dengan emisi CO2 85% lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional, kontribusi terhadap perlindungan iklim sangat besar," kata Thomas Zernechel, kepala VGL.

Kapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng BekasKapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng Bekas Foto: Dok. Volkswagen

Untuk pengiriman mobil ke Eropa, VGL menyewa dua kapal yang membawa hingga 3.500 kendaraan. Kapal itu berlayar dengan rute dari Emden di Jerman utara, melalui Dublin (Irlandia), Santander (Spanyol), dan Setubal (Portugal) dan kembali ke Emden sekitar 50 kali per tahun.

Secara total, kapal itu membawa sekitar 250.000 mobil baru dari Audi, Seat, Skoda, dan Volkswagen setiap tahun. Dua kapal sepanjang 180 meter masing-masing didukung oleh mesin diesel kelautan MAN dengan tenaga lebih dari 19.000 daya kuda.

Kapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng BekasKapal Pengangkut Mobil VW Pakai BBM Minyak Goreng Bekas Foto: Dok. Volkswagen

Nantinya, kapal-kapal itu akan mengisi bahan bakar di laut lepas pantai Vlissingen (Belanda) dengan bahan bakar alternatif yang dipasok oleh perusahaan Belanda, GoodFuels. Dengan cara ini, emisi CO2 dari kedua kapal di sepanjang rutenya akan berkurang lebih dari 85%, dari lebih 60.000 menjadi sekitar 9.000 ton per tahun. Selain itu, emisi sulfur oksida hampir sepenuhnya dapat dihindari.

Peralihan ke bahan bakar dari limbah ini adalah bagian dari strategi untuk membuat VGL lebih ramah lingkungan. "Dengan cara ini, VGL membantu Grup Volkswagen mencapai netralitas karbon bersih pada tahun 2050," kata Zernechel.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)