Malaysia Kasih Lampu Hijau Uji Coba Mobil Otonom

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 24 Nov 2020 11:48 WIB
Malaysia Uji Coba Mobil Otonom
Malaysia Uji Coba Mobil Otonom. Foto: Facebook Futurise.
Cyberjaya -

Malaysia bakal segera menguji coba mobil otonom yang bisa bergerak tanpa kendali sopir manusia. Futurise, anak perusahaan Cyberview, mengumumkan bahwa pihaknya telah mendapat restu untuk menguji mobil otonom.

Dilansir Paultan, Futurise mendapat izin rute pengujian mobil otonom di jalan umum pertama di Malaysia. Pengujian mobil otonom akan dilakukan di kota Cyberjaya, Malaysia.

Melalui Facebook, Futurise mengunggah rambu penanda jalur kendaraan otonom. Futurise akan menguji mobil otonom dan sistem di kondisi lalu lintas nyata. Diperkirakan, tak cuma mobil, tapi bus otonom kemungkinan juga akan diuji coba.

Rute pengujian mobil otonom berjuluk Cyberjaya MyAV dikembangkan oleh Futurise, bekerja sama dengan Kementerian Transportasi dan dewan kota Sepang. Bagian dari fokus tersebut melibatkan pengembangan mobilitas perkotaan, termasuk aspek-aspek seperti mobil otonom dan kendaraan udara tak berawak.

Malaysia Uji Mobil OtonomIlustrasi Malaysia Uji Mobil Otonom Foto: Pool (Paultan)

Rute tersebut merupakan pengembangan terbaru dalam rencana untuk memacu pengembangan mobil otonom di Malaysia. Pada 2019, Institut Robotika dan IoT Otomotif Malaysia (MARii) mengumumkan bahwa mereka sedang dalam proses mengembangkan inisiatif tempat uji kendaraan otonom, yang akan menguji berbagai teknologi yang berkaitan untuk menilai kompatibilitasnya dengan infrastruktur dan lingkungan.

Pada awal tahun, terungkap rencana untuk mendirikan pusat R&D kendaraan otonom di Cyberjaya. Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk memungkinkan semua bisnis dalam ekosistem mobilitas, termasuk mobil otonom dan teknologi mobilitas terkoneksi, untuk secara kolektif merancang dan memvalidasi produk di satu lokasi.

Pusat ini juga akan menggabungkan EV Interoperability Center (EVIC), yang akan berisi berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk pengujian kendaraan generasi berikutnya seperti stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik, solusi integrasi jaringan pintar dan berbagai infrastruktur lainnya untuk mengakomodasi penelitian dan pengembangan terkait di daerah ini.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)