Kamis, 12 Nov 2020 07:27 WIB

Honda Klaim Akan Jadi Pabrikan Pertama Produksi Massal Mobil Otonom Level 3

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Mobil Honda Ilustrasi Logo Honda Foto: Dadan Kuswaraharja/detik.com
Jakarta -

Persaingan mobil listrik bakal ikut diwarnai dengan persaingan teknologi mobil otonom. Kini produsen raksasa asal Jepang Honda mengatakan akan menjadi produsen pertama di dunia yang memproduksi secara massal mobil otonom level 3.

Pernyataan Japan Honda Motor Co disampaikan hari ini Rabu (11/11/2020), seperti dikutip dari business-standar. Secara tegas Honda mengatakan akan memproduksi mobil otonom/autonomous/otomatis level 3. Artinya mobil Honda ini akan mampu berkendara sendiri mengandalkan sensor-sensor untuk membaca sekitar tanpa bantuan manusia, namun pengemudi harus kembali bersiap mengambil pengoperasian kendali saat sistem komputer mobil memberi perintah.

"Honda memiliki rencana untuk bisa menjual Honda Legend (luxury sedan) yang dilengkapi dengan sistem otonom yang sudah disetujui pada 21 Maret," tulis Honda dalam siaran resminya di Jepang.

Honda semakin pede untuk bisa memproduksi mobil otonom mereka, setelah pemerintah Jepang memberikan sertifikasi keselamatan teknologi mobil otonom yang disebut 'Trraic Jam Pilot' Driving Technology.

Honda Pamer Teknologi OtonomIlustrasi saat Honda Pamer Teknologi Otonom Foto: Honda Amerika

Dalam situs Reuters juga dijelaskan Honda sadar betul persaingan untuk memproduksi mobil otonom saat ini menjadi ajang perang teknologi, bukan hanya kepada para pesaing produsen otomotif namun persaingan juga akan diberikan oleh perusahaan teknologi seperti Google yang telah menginvestasikan hingga miliaran dolar untuk mengambil keuntungan dari penjualan mobil otonom.

Sebagai catatan, Ada enam tingkat mobil otonom saat ini mulai dari 0 hingga 5 yang terbagi mulai sistem manual seperti cruise control hingga kendaraan yang sepenuhnya dapat mengemudi sendiri yang tidak memerlukan roda kemudi atau pedal rem dan akselerasi saat berkendara.



Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com