Rabu, 18 Nov 2020 19:21 WIB

Sempat Dilirik Jokowi, Mirai Fuel Cell Kapan Dirilis di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Mirai meluncur Desember 2020. Toyota Mirai Foto: Toyota
Jakarta -

Mirai, mobil ramah lingkungan dari Toyota, sempat mejeng di pameran otomotif di Indonesia. Bahkan Presiden Jokowi diketahui tertarik dengan teknologi yang diusung mobil ini.

Kala itu, Mirai diboyong dalam pameran GIIAS 2018. Mirai tak lagi mengandalkan bahan bakar minyak (BBM) ataupun mesin hybrid (kombinasi antara BBM dan tenaga listrik baterai). Mobil ini didesain sebagai mobil berbahan bakar hydrogen (H2O). Apakah mobil ini juga dijual di Indonesia?

"Kita terus melakukan studi pasar, dan fasilitas penunjangnya. Bukan hal yang tidak mungkin untuk menjual fuel cell di Indonesia," kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda saat acara webinar elektrifikasi Toyota, Rabu (18/11/2020).

Memulai debut di Tokyo Motor Show 2013 sebagai mobil konsep Toyota FCV, Toyota Mirai resmi djual di Jepang sejak Desember 2014 dan telah digunakan di 11 negara, seperti di Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.

Toyota Mirai meluncur Desember 2020.Toyota Mirai meluncur Desember 2020. Foto: Toyota

Sebagai FCEV (Fuel Cell Electrified Vehicle), Mirai sudah tidak lagi memanfaatkan bahan bakar fosil alias zero emission karena mendapatkan suntikan tenaga dari gas hidrogen untuk menggerakkan motor listrik yang selanjutnya dibuang dalam bentuk uap air.

Generasi awal Toyota Mirai memiliki tenaga 154 ps dan torsi dahsyat sehebat 34,2 kgm. Sebagai pembanding, Memiliki daya jelajah antara 650 - 700 km, sedan dengan wajah futuristik ini punya top speed hingga 175 km/jam. Di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Toyota memperkenalkan calon generasi kedua Toyota Mirai.

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hari ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang.Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hari ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang. Foto: Dina Rayanti

Indonesia memang tengah gencar mempromosikan mobil listrik. Lebih lanjut, Toyota secara bertahap akan mengenalkan teknologi mobil listrik yang dimilikinya.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, kami terus melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi baik dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)," kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com