Ini Dia Mobil Terbang yang Sesungguhnya, Bisa Melayang 450 Meter

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 03 Nov 2020 10:59 WIB
Jakarta -

Ini dia mobil terbang yang sesungguhnya. Bukan lagi sebatas konsep dan perencanaan, tapi sudah sukses melakukan penerbangan di atas ketinggian 450 meter.

Mobil terbang ini diberi nama AirCar. Merupakan hasil produksi dan pengembangan sebuah perusahaan asal Slovakia bernama KleinVision.

Belum lama ini Aircar melakukan uji terbang yang sangat sukses. Selain mampu mengudara sampai 450 meter lebih, mobil terbang ini juga tanpa kendala saat melakukan uji takeoff dan landing sebanyak dua percobaan.

Dikutip dari CNN, Aircar yang sukses melakukan penerbangan perdana ini merupakan generasi kelima mobil terbang mereka. Pengembangnya adalah Profesor Stefan Klein.

Mobil terbang AircarMobil terbang Aircar Foto: klein-vision

Tak seperti banyak mobil terbang lain yang bentuknya sering tak menyerupai mobil, Aircar benar-benar sebuah mobil. Memiliki dua kursi, Aircar memiliki sepasang sayap berukuran lebar dan sebuah baling-baling pada bagian belakang.

Selayaknya pesawat terbang, Aircar juga memiliki ekor yang panjang.

Saat berfungsi sebagai mobil, sayap-sayap Aircar akan terlipat ke dalam dan kemudian tersimpan di kedua sisi body mobil. Sementara ekor belakang akan memendek.

Kleinvision mengklaim mobil ini dapat bertransformasi menjadi mode terbang dalam waktu hanya sekitar tiga menit saja.

Mobil terbang AircarMobil terbang Aircar Foto: klein-vision

Hanya saja tidak dijelaskan spesifikasi lengkap mobil terbang ini. Termasuk jenis mesin yang digunakan, sistem penggerak, top speed, jangkauan terbang di darat ataupun di udara dan lain sebagainya.

Namun Klein Vision mengklaim kalau material yang digunakan untuk mobil terbangnya kuat dan ringan, yang memungkinkan dibuat Aircar versi empat penumpang. Malah, mereka juga sudah menyiapkan Aircar versi dua baling-baling dan juga tipe amfibi untuk digunakan di air.

Selayaknya pesawat terbang, Aircar butuh landasan yang cukup panjang untuk bisa terbang dan mendarat. Belum diketahui berapa mobil terbang ini akan dilepas ke pasar.

(din/rgr)