Stiker Mobil Bikin Eye Catching, Kalau Mau Pasang Berapa Tarifnya?

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 22 Okt 2020 15:29 WIB
Stiker anggota keluarga di mobil
Ilustrasi stiker mobil (Istimewa)
Jakarta -

Tak sedikit pemilik mobil memilih memasang stiker pada sekujur bodi mobil, supaya tampilan kendaraan kinclong dan menarik perhatian. Bukan cuma mobil pribadi, kendaraan perusahaan banyak juga yang memilih untuk menggunakan stiker pada seluruh bodi mobil sebagai ajang promosi dan iklan berjalan. Kira-kira berapa harga pemasangan stiker pada bodi mobil ya?

Salah satu punggawa Boomboomcar, Iwa Irwanhadi (42) menjelaskan kepada detikOto bahwa pemasangan stiker pada bodi mobil tergantung dari jenis mobil, tingkat kesulitan dan tentunya bahan material stiker mobil yang dipilih konsumen.

"Harga itu tergantung jenis mobil yang dikerjakan dan desainnya (stiker mobil), mulai off bodi seperti pada bagian pintu tengah hingga U ke belakang itu kisaran mulai dari Rp 3,5-5,5 juta dan itu diperuntukkan mobil seperti Toyota Avanza atau MPV. Sedangkan mobil citycar dan hatchback kurang lebih sama, palingan membutuhkan beberapa meter tambahan," ucap Iwa.

Akan tetapi masa pandemi seperti saat ini ikut mengganggu pemasukan para pengusaha stiker bodi mobil. Bahkan jasa pemasangan bodi stiker sempat mandek hingga harus mengalami penurunan pendapatan hingga 70 persen.

Bagaimana jika mobil dinas ditutupi stiker Korpri?Bagaimana jika mobil dinas ditutupi stiker Korpri? Foto: Mindra Purnomo

"Bisnis stiker bodi mobil ada sedikit penurunan tapi tidak signifikan, tapi sempat di awal PSBB itu hampir 70 persen kami mengalami penurunan pendapatan tepatnya April-Mei 2020 itu paling drop," ujar

"Tapi saat ini sudah mulai normal, artinya memang tidak seperti tahun kemarin tapi sudah lebih baik dibandingkan masa PSBB awal," Iwa menambahkan.

Menurunnya pendapatan pengusaha stiker bodi mobil disebabkan banyaknya konsumen fleet atau perusahaan yang menahan untuk menggunakan jasa penggunaan stiker mobil.

"Kendala yang membuat pendapatan berkurang saat PSBB adalah banyak klien itu hold atau tunda pemasangan stiker, belum lagi saat PSBB banyak pemeriksaan karena ruang gerak pengendara dibatasi," kata Iwa.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)