Rabu, 14 Okt 2020 20:16 WIB

Selain Cikarang, Hyundai Siapkan Pabrik Mobil Listrik di Singapura

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Hyundai Siapkan Pabrik Mobil Listrik di Singapura Hyundai Siapkan Pabrik Mobil Listrik di Singapura. Foto: Dok. Hyundai.
Jakarta -

Hyundai tak hanya menanamkan investasinya di Indonesia. Pabrikan mobil asal Korea Selatan itu juga akan membangun pabrik mobil listrik di Singapura.

Hyundai dilaporkan telah memulai pembangunan pusat inovasi baru di Singapura. Fasilitas itu akan bertindak sebagai laboratorium inovasi terbuka untuk penelitian dan pengembangan mobilitas masa depan serta pabrik produksi kendaraan listrik.

Fasilitas bernama Hyundai Motor Group Innovation Centre (HMGICS) akan berdiri di Jurong Innovation District (JID) dan beroperasi pada akhir 2022. Hyundai menyebut, direncanakan pabrik di Singapura itu bisa merakit 30.000 kendaraan per tahun pada 2025.

Uniknya, konsumen bisa melihat kendaraan mereka diproduksi di HMGICS. Setelah mobil diproduksi dan siap dikirim, mobil tersebut akan dipindahkan ke Sky Track sepanjang 620 meter, dan konsumen bisa melakukan test drive.

Pembangunan fasilitas menelan biaya 400 juta dolar Singapura (Rp 4,3 triliun). Fasilitas ini seharusnya dimulai pembangunannya pada Mei, tetapi ditunda hingga bulan ini karena pandemi COVID-19.

Di Indonesia, Hyundai Motor Company sudah memastikan komitmen investasi US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun sejak akhir 2019 lalu. Hyundai membangun pabrik mobil di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Diharapkan, pabrik itu bisa 'ngebul' pada paruh kedua 2021. Pabrik itu dilengkapi dengan fasilitas untuk stamping, pengelasan, pengecatan dan perakitan.

Pabrik akan memiliki kapasitas produksi sekitar 150.000 unit per tahun. Pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya.

Adapun mobil yang bakal diproduksi di Indonesia antara lain SUV kompak, MPV kompak hingga mobil sedan. Mobil-mobil itu dirancang khusus untuk konsumen di Asia Tenggara.

Selain itu, Hyundai juga mempelajari untuk produksi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. Hyundai berkomitmen untuk membantu mengembangkan ekosistem EV Indonesia, berkontribusi pada kualitas hidup masyarakat melalui kepemimpinannya dalam teknologi mobilitas bersih.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com