Selasa, 23 Jun 2020 13:51 WIB

Hyundai dan LG Kerjasama Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
pabrik hyundai Pabrik mobil Hyundai di Indonesia. Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Dua perusahaan raksasa Korea Selatan, Hyundai Motor Group dan LG sedang mempertimbangkan untuk mendirikan usaha patungan sel baterai mobil listrik di Indonesia. Rencana ini dilontarkan oleh seorang sumber yang mengetahui langsung mengenai hal ini kepada Reuters.

Sumber terpercaya tersebut sayangnya menolak untuk memberikan keterangan lebih lanjut ketika ditanyai tentang kapasitas pabrik dan besaran investasinya.

Isu ini mulai berhembus kala Hyundai berupaya untuk mengamankan pasokan baterai mobil listriknya. Hyundai melihat peluang di masa depan akan peningkatan penjualan mobil listrik lantaran semakin banyak negara memberikan subsidi dan ingin mengurangi emisi karbon.

Sementara itu LG diketahui sudah cukup dekat dengan manufaktur baterai mobil listrik. LG diketahui menjadi pemasok baterai mobil listrik General Motors dan Geely Automobile.

Ketua Grup LG, Koo Kwang-mo bertemu dengan Wakil Ketua Eksekutif Grup Motor Hyundai Euisun Chung pada hari Senin lalu. Pertemuan itu berisikan agenda pembahasan kerja sama dalam baterai EV, termasuk teknologi baterai di masa depan.

LG Chem dan Hyundai Motor Group mengkonfirmasi pertemuan tersebut tetapi mengatakan tidak ada keputusan akhir tentang yang potensial mengenai bisnis tersebut.

Usaha patungan sel baterai ini akan menjadi yang pertama bagi Hyundai. Rencana membuat pabrik baterai mobil listrik di Indonesia merupakan langkah terbaik bagi Hyundai karena di sini mereka sedang menggarap pabrik. Ditambah lagi sumber daya nikel yang menjadi material pembuat baterai mobil listrik berlimpah di Indonesia.

Pabrik Hyundai di Indonesia saat ini terus dibangun di tengah pandemi virus Corona. Pembangunan pabrik yang berlokasi di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat ini, ditargetkan rampung akhir 2020, sehingga Hyundai Indonesia bisa menjual produk mereka tahun depan.



Simak Video "Hyundai Kona, SUV Gaul Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya