Senin, 12 Okt 2020 20:47 WIB

Tunggu Jepang! Benelli Punya Dua Motor Listrik di RI, Bentuknya Unik

Ridwan Arifin - detikOto
Benelli Keeway E-Zi yang kelir hitam dan Bennelli yang Diavo berwarna biru. Benelli Keeway Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta -

Dua unit motor listrik mejeng di dealer Benelli, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (12/10/2020). Rupanya pabrikan motor asal Italia ini bersiap untuk merambah ke teknologi yang lebih ramah lingkungan alias motor listrik.

Dua motor listrik itu ialah Benelli Keeway E-Zi kelir hitam, dan Benelli Diavo warna biru. Sayangnya belum terungkap harga dan informasi spesifikasi lebih lanjut, sebab Direktur BMI Steven Kentjana Putra mengatakan bahwa peluncuran baru akan dilakukan tahun depan.

"Saya mau lihat betul-betul Jepang juga ikut, sementara Jepang yang ikut baru Honda, yang lain non Jepang," kata Steven di Bintaro, Senin (12/10/2020).

"Kalau memang market mendukung, mau nggak mau kita akan main (motor listrik). Sekarang kita tahan dulu. Ke depan pasti slowly sudah harus karena dia kan diberikan insentif yang lebih DP nol persen. Saya lihat juga sudah banyak yang eksis. Tahun depan (meluncurkan motor listrik)," sambung Steven.

Steven melanjutkan motor listriknya sudah lolos uji tipe oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Benelli Keeway E-Zi yang kelir hitam dan Bennelli yang Diavo berwarna biru.Benelli Keeway E-Zi kelir hitam. Foto: Ridwan/detikOto

Informasi resmi belum dirilis oleh BMI, namun bila mengutip Benelli.co.uk, E-Zi punya dinamo listrik Bosch dengan daya maksimum hingga 1.200 watt. Motor listrik ini menggunakan baterai lithium 60V 20Ah yang mampu menempu jarak 70 km dengan sekali pengisian daya. Sementara kecepatan tertinggi tembus 50 kilometer per jam.

Sementara motor lainnya ialah Benelli Divo, bentuknya mirip dengan merek Doinnext BO. Kemampuannya cocok untuk sebagai mobilitas perkotaan, motor yang dilengkapi satu baterai lithium dengan opsi 800 Watt dan 1.200 watt.

Namun Steven mengatakan produk yang dipamerkan ini ialah dinamo listrik 1200 watt. Mengutip electrek, Benelli Divo ini bisa mencapai kecepatan maksimum 48 kilometer per jam. Sementara dengan baterai 1,56 kWh, motor ini memiliki daya jelajah hingga 120 kilometer dengan kecepatan konstan 20 kilometer per jam. Uniknya lagi motor ini memiliki suara layaknya motor konvensional.

"Dari sana itu sudah dilengkapi speaker," kata Steven.



Simak Video "Benelli Pamer Leoncino 250 di GIIAS 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com